WIDYA, RESTU FIBRIANI (2018) PENGARUH METODE ARTIKULASI TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI(Studi Eksperimen di SMA Negeri 2 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
cover.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (47kB) |
|
Teks (BAGIAN DEPAN)
BAGIAN DEPAN.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (63kB) |
|
Teks (BAB I-V)
BAB I-V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (293kB) |
Abstrak
Salah satu cara agar peserta didik aktif yaitu membiasakan peserta didik untuk menggali ilmu atau mencari ilmu dari sumber lain dan tugas pendidik hanya membimbing dan membantu hal-hal yang belum dimengerti dan dipahami oleh peserta didik. Faktor utama yang dapat membentuk peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran yaitu guru dan metode pembelajaran. Bagaimana cara pendidik sebagai fasilitator agar peserta didik tersebut aktif didalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah yang terdapat dilapangan agar tidak terjadi berkelanjutan, maka peneliti mencoba melakukan penelitian menggunakan metode artikulasi. Metode artikulasi merupakan metode pembelajaran yang prosesnya berlangsung layaknya pesan berantai. Perumusan masalah penelitian ini 1. Bagaimanakah Penerapan Metode Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pandeglang? 2. Bagaimanakah Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pandeglang? 3. Apakah terdapat Pengaruh Metode Artikulasi Terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pandeglang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa di kelas eksperimen pada mata pelajaran PAI, mengetahui keaktifan siswa di kelas kontrol pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pandeglang dan mengetahui pengaruh metode artikulasi terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Pandeglang yang berjumlah 315 orang yang terdiri dari dari 4 kelas IPS dan 6 kelas IPA. Adapun yang akan dijadikan sampel, penulis akan mengambil kelas XI sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan angket. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : Adanya pengaruh metode artikulasi terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilakukan uji t-pihak kanan, diperoleh nilai thitung sebesar 2,168 lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05% yakni 1,689. Karena thitung berada pada penerimaan Ha maka Ha dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode artikulasi terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas eksperimen mengalami perbaikan yang signifikan akibat adanya pengaruh metode artikulasi yang dilakukan pada kelompok eksperimen tersebut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | metode artikulasi, keaktifan siswa, PAI |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 23 Okt 2018 03:10 |
Perubahan Terakhir: | 23 Okt 2018 03:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2516 |
Actions (login required)
Lihat Item |