Tidak Dijelaskan (2018) “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam” (Studi Eksperimen di SMPN 1 Ciruas Kab. Serang). Tidak Dijelaskan thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
Softfile Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
Softfile ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (FULL SKRIPSI)
Softfile Isi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang masalah yaitu pendidikan memiliki pengaruh penting dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan dalam kehidupan, serta pembelajaran berjalan kurang optimal. Rumusan masalah sebagai berikut: 1.)Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir di SMPN 1 Ciruas Kab. Serang ? 2)Bagaimana hasil belajar PAI siswa di SMPN 1 Ciruas Kab. Serang? 3) Bagaimana pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Pengingkatan Kemampuan Berpikir di SMPN 1 Ciruas Kab. Serang? dan Tujuan penelitian ini yaitu : 1.Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI di SMPN 1 Ciruas Kab. Serang. 2.Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar PAI di SMPN 1 Ciruas. Kab. Serang 3.Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Pengingkatan Kemampuan Berpikir di SMPN 1 Ciruas Kab. Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Dua kelas dibagi menjadi kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan kelas kontrol (kelas pembanding). Kedua kelas tersebut diberikan tes awal (pretes) dengan menggunakan tes yang sama. Hasil pernelitian didapat bahwa data rata-rata berdistribusi normal karena memiliki X2hitung ≤ X2tabel. Nilai postest kelas eksperimen memiliki X2hitung = 10.2170 dan kelas kontrol X2tabel = 11.070 . sehingga dapat disimpulkan bahwa distribusi data normal. Sedangkan berdasarkan uji homogenitas kelas eksperimen diperoleh tabel menunjukkan X2hitung ≤ X2tabel, X2hitung = 9.5541 dan X2tabel = 11.01 sehingga data bisa dikatakan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan data uji-t menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 12.65 ≥ 1.66, Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini ialah adanya pengaruh penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadp hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan kontribusi sebesar 0.10 dengan kriteria sangat rendah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Tidak Dijelaskan) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir; Hasil Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan system pendidikan Islam dan lainnya |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 19 Okt 2018 02:32 |
Perubahan Terakhir: | 19 Okt 2018 02:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2491 |
Actions (login required)
Lihat Item |