UTIYAH, N UTIYAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS III MI AL-KHAERIYAH KEPANDEAN KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEMANFAATKAN KARTU BILANGAN PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
Teks (COVER)
3. Cover.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (62kB) |
|
Teks (ABSTRAK)
Lamp_Abstrak.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (20kB) |
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
4. BAB I - V PTK N. Utiyah B5.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (442kB) |
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi awal di Kelas III MI Al-Khaeriyah Kepandean, 50% siswa kelas 3 masih belum dapat menyelesaikan soal perkalian dengan baik. Hal ini disebabkan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan tetapi hasilnya belum optimal. Melalui penelitian ini penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan memanfaatkan kartu bilangan pada pokok bahasan perkalian diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa khususnya Pokok Bahasan Perkalian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan memanfaatkan kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa Kelas III MI Al-Khaeriyah Kepandean tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan perkalian. Subyek dalam penelitian adalah siswa Kelas III MI Al-Khaeriyah Kepandean tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa Kelas III MI Al-Khaeriyah Kepandean melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan memanfaatkan kartu bilangan pada pokok bahasan perkalian. Hipotesis tindakan adalah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan memanfaatkan kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa Kelas III MI Al-Khaeriyah Kepandean tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan perkalian. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,6 dan persentase ketuntasan belajar 62,5% skor aktivitas siswa 3,33. Hasil penelitian pada siklus 2 rata-rata hasil belajar 76,9 persentase ketuntasan belajar 81,3% skor aktivitas siswa 4,18. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa Kelas III MI Al-Khaeriyah Kepandean pada pokok bahasan perkalian.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 19 Okt 2018 02:32 |
Perubahan Terakhir: | 19 Okt 2018 02:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2477 |
Actions (login required)
Lihat Item |