PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD NATSIR

MAISAROH, MAISAROH (2017) PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD NATSIR. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (151kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (415kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (406kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (232kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB)
[img] Teks (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB)
[img] Teks (MOTTO)
MOTTO.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (184kB)
[img] Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
PERNYATAAN KESLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (83kB)
[img] Teks (LEMBAR PERSEMBAHAN)
PERSEMBAHAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (82kB)
[img] Teks (RIWAYAT HIDUP)
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (150kB)

Abstrak

Mohammad Natsir merupakan seorang tokoh yang lebih dikenal sebagai sosok ulama dan pejuang. Namun, jika ditelusuri jejak karir dan langkah perjuangannya, tidak sedikit gagasannya yang berkenaan dengan pendidikan. Mohammad Natsir dalam memandang pendidikan Islam sangat tegas, bahkan beliau menolak teori pendidikan dikotomi, yaitu pendidikan yang memisahkan pengetahuan umum dengan pengetahuan agama, karena sejatinya pendidikan Islam merupakan usaha sadar yang terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, mengahayati, mengimani, dan mengamalkan ajaran Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Qur’an dan Hadits. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana Pandangan Pendidikan Islam Menurut Mohammad Natsir?, 2). Bagaimana Relevansi Pemikiran Pendidikan Mohammad Natsir dengan Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) No. 20 tahun 2003?. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Agar memahami Pendidikan Islam Menurut Mohammad Natsir, 2). Agar memahami Relevansi Pemikiran Pendidikan Mohammad Natsir dengan Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) No. 20 tahun 2003. Landasan teori yang peneliti gunakan yaitu tentang pendidikan Islam yang digagas oleh Abdul Karim Amarullah yang mengatakan bahwa pendidikan Islam adalah pendidikan yang seluruh aspeknya berdasarkan atau berlandaskan ajaran Islam (Al-Qur’an dan Sunnah Rasul SAW). Pendidikan Islam ditentukan oleh adanya dasar ajaran Islam yang bersumberkan kedua kitab itu sebagai dasar ideal untuk menjadi acuan dalam oprasionalisasinya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan studi kepustakaan (Library Recseach), seluruh data yang ada dianalisa dengan menggunakan pendekatan historis, tekstual dan analisis content atau isi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan harus dapat membawa manusia mencapai tujuan hidupnya, yaitu menghambakan diri kepada Allah SWT., bertakwa, berakhlakul karimah, mandiri, mampu beradaptasi dengan perkembangan dinamika, tidak bergantung kepada orang lain dan dapat menyeimbangkan antara aspek intelektual dan spiritual, antara jasmani dan rohani.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): MUHAMMAD NATSIR; PARADIGMA
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:53
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.