PENGGUNAAN MEDIA STICK PUPPET DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (kuasi Eksperimen Siswa Di Kelas III MI Jamiatul Mubtadiin Padarincang)

AFWAH, AAP (2018) PENGGUNAAN MEDIA STICK PUPPET DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (kuasi Eksperimen Siswa Di Kelas III MI Jamiatul Mubtadiin Padarincang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
COVER-DAFTAR TABEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (306kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media Stick Puppet terhadap keterampilan bercerita siswa kelas III MI Jamiatul Mubtadiin Padarincang. Penelitian dilaksanakan pada bulan januari - juni 2018 di MI Tarbiyatul Mubtadiin Padarincang. Metode yang digunakan dalam peneliti an ini adalah Kuasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain, penelitian ini difokuskan pada siswa kelas III yang melibatkan dua kelompok subjek. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan dokume ntasi, observas i dan tes lisan. Berdasrkan hasil dan pengelolahan data, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol. Hasil ditunjukan dari nilai rata - rata pretest kelompok eksperimen sebesar 54,4. Setelah diberikan perlakuan dengan media pembelajaran stick puppet, nilai rata - rata postest eksperimen mengalami peningkatan menjadi 77,44. Sedangkan nilai rata - rata nilai pretest kelompok kontrol adalah sebesar 66,21. Nil ai rata - rata postest kelompok kontrol mengalami peningkatan menjadi 68,38. Perhitungan nilai rata - rata tersebut menunjukan bahwa, hasil tes kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 13 %, sedangkan hasil tes kelompok kontrol mengalami peningkatan s ebesar 7,1 %. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran stick puppet memiliki pengaruh terhadap keterampilan bercerita (berbicara).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2018 17:58
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2018 17:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.