UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE POSTER COMMENT(PTK di kelas V SDN 1 Karangkamulyan Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak)

SUTISNA, SUTISNA (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE POSTER COMMENT(PTK di kelas V SDN 1 Karangkamulyan Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (HALAMAN JUDUL + LAMPIRAN-LAMPIRAN)
HALAMAN JUDUL+LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (626kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (751kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (82kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia terutama pada materi mengomentari persoalan faktual, hal tersebut dilihat dari jumlah 25 siswa hanya 32% yang mencapai nilai KKM. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut diakibatkan oleh penggunaan metode ceramah yang membuat siswa jenuh pada saat mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana aktivitas siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan metode poster comment di kelas V SDN 1 Karangkamulyan Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak?; 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan metode poster comment?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan metode poster comment. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan metode poster comment. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kesimpulan yang diperoleh dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah: Aktivitas siswa dinilai dari keseriusan, kedisiplinan, terlibat aktif dalam diskusi, menghubungkan materi pembelajaran, dan menyimpulkan pembelajaran pada siklus I dengan jumlah nilai 7935, Rata-rata kelas 317, jumlah rata-rata siswa 66,12 dan persentase 66,04% mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah nilai 9250, rata-rata kelas 370, jumlah rata-rata siswa 77,08 dan persentase 77,08%. Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu nilai rata-rata 64,04 dengan persentase ketuntasan 32% mengamalami peningkatan pada siklus I dan siklus II, hal ini dilihat dari nilai rata-rata 68,56 dengan persentase ketuntasan 48% pada siklus I dan nilai ratarata 72,08 dengan persentase ketuntasan 76% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:52
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.