PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Studi di MAN 2 Kota Serang)

UMAM, H. A. KHOTIBUL (2017) PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Studi di MAN 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (55kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (302kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (238kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (459kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III new.doc h. umammmm.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (246kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (325kB)

Abstrak

Pendidikan dan teknologi adalah dua hal yang harus berdampingan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Begitupun dengan teknologi internet yang semakin meningkat perkembangannya, dengan banyaknya bermuculan situs-situs jejaring sosial diantaranya yaitu situs jejaring sosial facebook. Aktivitas belajar adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa ketika berada didalam kelas. Aktivitas belajar merupakan hasil bagi siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh pendidik kepada siswanya. Facebook adalah situs jejaring sosial yang didalamnya banyak catatan-catatan yang berisi pengetahuan yang dapat dijadikan bahan pelajaran untuk menambah pengetahuan bagi siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar di kelas. Pertanyaannya bagaimana pengaruh penggunaan facebook terhadap aktvitas belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MAN 2 Kota Serang. Perumusan masalah adalah sebagai berikut : 1). Bagaimana penggunaan facebook di kelas XI MAN 2 Kota Serang?, 2). Bagaimana aktivitas belajar siswa di kelas XI MAN 2 Kota Serang?, 3). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan facebook terhadap aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MAN 2 Kota Serang?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1). Untuk mengetahui penggunaan facebook di kelas XI MAN 2 Kota Serang, 2). Untuk mengetahui aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MAN 2 Kota Serang, 3). Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan facebook terhadap aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MAN 2 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, angket serta studi pustaka. Analisisnya menggunakan analisis logika untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif. Adapun populasi dan sampel sasaran dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kota Serang. Dengan jumlah sampel 181 orang. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Hasil perhitungan variabel X, dietahui bahwa χ2hitung = 10,39 dan χ2tabel = 11,1 (2) Hasil perhitungan variabel Y, diketahui bahwa y2hitung = 9,79 dan y2tabel = 11,1 maka dengan demikian sampel X dan Y yang diambil merupakan sampel yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (3) hasil analisis korelasi antara variabel X dengan variabel Y terdapat korelasi yang tinggi atau kuat dengan koefisien determinasi sebesar 64%, sedangkan sisanya sebesar 36% dipengaruhi oleh faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PENGGUNAAN FACEBOOK; SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM; AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:52
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.