NURHADI, ALDI (2018) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMP Khas Putra Bangsa Kecamatan Ciruas-Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (38kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (238kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
Bab II. ok.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (289kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
Bab III. ok.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (425kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV DAN BAB V)
Bab IV & V ok.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (412kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Gaya belajar merupakan suatu kombinasi dari bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. gaya belajar bukan hanya berupa aspek ketika menghadapi informasi, melihat, mendengar, menulis dan berkata tetapi juga aspek pemrose san informasi sekunsial, analitik, global atau otak kiriotak kanan, aspek lain adalah ketika merespon sesuatu atas lingkungan belajar (diserap secara abstrak dan konkret). Terdapat tiga tipe gaya belajar yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu visual (cenderung belajar melalui apa yang mereka lihat), auditorial (belajar melalui apa yang mereka dengar) dan kinestetik (belajar melalui gerak dan sentuhan). Prestasi belajar masih tetap menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Berdasarkan penga matan peneliti di SMP Khas Putra Bangsa Ciruas bahwa peneliti sering mendapati siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar mereka. Siswa juga kerap kesulitan menyesuaikan cara belajar mereka deng an cara mengajar guru disekolah. Demikian juga dirumah, siswa kadang harus belajar dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh orang tua dirumah. Maka dari itu penulis berpikir betapa sangat berpengaruhnya gaya belajar terhadap prestasi seseorang. Walaupun ha l itu belum diuji kebenarannya namun secara teoritis gaya belajar memegang peranan penting dalam hubungannya dengan hasil belajar. Perumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Gaya belajar yang terdapat di SMP Khas Putra Bangsa Ciruas? 2) Bagaimana tingkat prestasi belajar siswa SMP Khas Putra Bangsa Ciruas? 3) Apakah terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Khas Putra Bangsa Ciruas ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana gaya b elajar siswa yang terdapat di SMP Khas Putra Bangsa Ciruas 2) Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa di SMP Khas Putra Bangsa Ciruas. 3) Mengetahui dan menguji pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Khas Putra Bangsa Ciruas. Pen elitian ini dilakukan di SMP Khas Putra Bangsa Ciruas , dengan jumlah populasi 127 orang, sample yang diambil adalah 40% dari jumlah populasi, yaitu 50 orang, adapun motode yang digunakan adalah metoe deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, angket dan study pustaka. Hasil penelitian ini adalah: 1) Gaya Belajar Siswa (Variable X) di SMP Khas Putra Bangsa Ciruas, memilik nilai rata - rata 48 yang berada diantara nilai 40 - 60, maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan buku agam a di perpustakaan, cukup. 2) Prestasi Belajar siswa (Variable Y) di SMP Khas Putra Bangsa Ciruas, memiliki nilai rata - rata 50 yang berada diantara nilai 40 - 60, maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan buku agama di perpustakaan, cukup. 3) Product moment ( ) diperoleh ‘r’ = (0,52) berada diantara nilai (0,40 - 0,60) interpretasinya adalah antara pengaruh Gaya Belajar Siswa ( variable X) terhadap Prestasi Belajar Siswa (variable Y), terdapat korelasi yang sedang. Uji signifikan adalah = 4,21 d an 1,68, maka = 4,21 > 1,68 kesimpulannya terdapat korelasi yang cukup antara Gaya Belajar Siswa (variable X) terhadap Prestasi Belajar Siswa (variable Y) . Adapun konstribusi Coefisien determinasi pengaruh Gaya Belajar Siswa (variable X) terhadap Prestasi Belajar Siswa (variable Y) sebesar 27,04%, sedangkan sisanya 72,96% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Gaya Belajar (Visual, Auditorial, & Kinestetik), Prestasi Belajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 17 Jul 2018 03:31 |
Perubahan Terakhir: | 17 Jul 2018 03:31 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2263 |
Actions (login required)
Lihat Item |