UPAYA MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL JUZ’AMMA MENGGUNAKAN METODE AL-QOSIMI DI SMP ISLAM AL-WUSTSQO KOTA SERANG(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Wutsqo Kota Serang)

SOFWATULLAH, MUHAMMAD (2018) UPAYA MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL JUZ’AMMA MENGGUNAKAN METODE AL-QOSIMI DI SMP ISLAM AL-WUSTSQO KOTA SERANG(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Wutsqo Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (522kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (502kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (623kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (79kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Skripsi ini membahas Upaya Meningkatkan Minat Peserta Didik Dalam Menghafal Juz‟amma Menggunakan Metode Al - Qosimi di SMP Islam Al - Wustsqo Kota Serang (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al - Wutsqo Kota Serang Tahun ajaran 2015/2016 ) . Kajian di latarbelakangi oleh tidak adanya semangat peserta didik untuk menghafal Juz‟Amm a dan juga tidak adanya metode yang akurat untuk menghafal Juz‟Amma, jikalau ada, penerapannya yang tidak sesuai dengan karaktaer siswa sehingga anak merasa jenuh karena proses menghafalnya tidak menarik dan akibatnya siswa malas untuk menghafal. Studi di ni dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana Penerapan Metode Al - Qosimi dalam meningkatkan minat peserta didik dalam menghafal Juz‟Amma? 2) Bagaimana Minat peserta didik dalam menghafal Juz‟Amma setelah menggunakan metode Al - Qosimi?. Adapun Tuj uan penelitian ini dimaksudkan untuk: 1) Untuk mengetahui sejauh mana minat peserta didik dalam menghafal Juz‟Amma 2) Untuk mengefektifkan kreativitas guru dalam pembelajaran Tahfidz Qur‟an. Untuk itu peneliti menggunakan metode Al - Qosimi untuk menjawab permasalahan tersebut dan akan dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Al - Qosimi pada upaya meningkatkan minat peserta didik dalam menghafal Juz‟Amma siswa SMP Al - Wutsqo Kota Serang dilakukan dengan berbagai siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan setelah menggunakan metode Al - Qosimi. Hal ini dapat dil ihat dari hasil observasi minat siswa per siklus dimana pada pra siklus minat siswa berjumlah 1246 dari 20 siswa dengan rata - rata 62,3 meningkat pada siklus I menjadi 1433 dari 20 siswa dengan rata - rata 71,65 dan diakhir siklus II mengalami peningkatan min at siswa menjadi 1631 dari 20 siswa dengan rata - rata 81,55 dengan kategori baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru juga mengalami peningkatan dimana pada Siklus I berjumlah 28 dengan rata - rata 70 dan diakhir siklus II mengalami peningkatan berjumlah 32 dengan arata - rata 80.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.2 Al-Quran dan terjemahnya
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 09 Jul 2018 17:13
Perubahan Terakhir: 09 Jul 2018 17:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.