Pembinaan Pondok Pesantren As-Salimiyyah terhadap Kaderisasi Hafidz Qur'an di Desa Kulung Baya Kec. Tangerang

Rohimah, Siti (2018) Pembinaan Pondok Pesantren As-Salimiyyah terhadap Kaderisasi Hafidz Qur'an di Desa Kulung Baya Kec. Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (17kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
bab 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (531kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
Bab 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (297kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang memiliki tujuan untuk menciptakan dan mengembangkan kepribadian muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Berakhlaq mulia, bermanfaat bagi masyarakat. Serta sebagai lembaga Tahfidz Qur’an. Tujuan pokok analisis ini adalah: untuk mengetahui sistem pondok pesantren As-Salimiyah dalam pembinaan Tahfidz Qur’an, peranan pondok pesantren As-Salimiyah dalam Tahfidz Qur’an serta pengaruh yang timbul dari proses pembinaan Tahfidz Qur’an yang dilakukan pondok pesantren As-Salimiyah terhadap santri dan masyarakat di lingkungan pesantren tersebut, serta apakah keberhasilan yang hendak dicapai oleh pondok pesantren As-Salimiyah. Penganalisasian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pondok pesantren merupakan lembaga keislaman yang mempunyai ciri kkusus dibandingkan dengan lembaga keislaman lainnya dan pondok pesantren terlihat seragam tapi beragam model yang dimilikinya. Keberagaman pondok pesantren tersebut diantaranya dari sisi manajemen administrasi, kurikulum dan sistem, metodelogi membinaannya. Untuk mengetahui lebih jauh keberadaan pondok pesantren As-Salimiyah sebagai model pondok pesantren modern, maka diperlukan komponen pembinaan yang di dalamnya terdapat : infut, proses yang di dalamnya faktor-faktor penunjang terhadap keberhasilan pembinaan Tahfidz Qur’an dan output Tahfidz di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan menganalisa data digunakan analisis ini, untuk data kualitatif meliputi: penelaahan data dan menarik kesimpulan. Hasil analisa tersebut dapat dijelaskan bahwa latar belakang didirikannya pondok pesantren As-Salimiyah adanya keinginan kyai untuk meninggikan kalimat Allah Swt, serta didukung oleh tokoh-tokoh ulama terutama jama’ah pengajian yang mempunyai misi dan visi yang sama yaitu mencetak generasi Tahfidz Qur’an, serta sistem yang digunakan pondok pesantren As-Salimiyah dalam pembinaan Tahfidz Qur’an dengan cara memadukan antara sistem klasikal dan modern demi mengoptimalkan misi Tahfidz. Kemajuan demi kemajuan diraih terbukti dengan banyaknya santri dari tahun ke tahun, serta mampuh mencetak Hafidz Qur’an hingga 30 juz, menunjukan prestasi lembaga pendidikan pondok Pesantren As-Salimiyah. Serta peran aktif para alumni dalam pembinaan moral masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 11 Jul 2018 05:00
Perubahan Terakhir: 27 Mar 2024 02:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.