Yasin, Asep Badri (2017) Pengaruh Pembelajaran Kitab Safinatun Najah terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
Abstrak
Menghasilkan prestasi belajar yang baik merupakan harapan semua insan pendidikan, karena dengan prestasi belajar yang baik akan tercipta kualitas pendidikan yang baik pula. Dengan dipelajarinya kitab Safinatun Najah sedikit banyaknya mampu mengantarkan siswa pada pemahaman yang lebih baik dalam keilmuan fiqih. Dengan bantuan beberapa metode dalam pembelajarannya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dengan pembahasan yang lebih rinci dan mudah di pahami Kitab Safinatun Najah merupakan rujukan yang tepat untuk di jadikan pegangan bagi siswa yang kurang berprestasi pada mata pelajaran fiqih. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diatas maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Pembelajaran Kitab Safinatun Najah di MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa di MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang Pada Mata Pelajaran Fiqih? (3) Adakah pengaruh pembelajaran Kitab Safinatun Najah terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran fiqih? Adapun tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pembelajaran Kitab Safinatun Najah di MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang (2) Untuk mengetahui prestasi siswa di MA Darul Falah Ciloang Kota Serang (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kitab Safinatun Najah terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran fiqih. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah (1) Memberikan manfaat ilmu penetahuan (2) Bahan pedoman untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan di MA Darul Falah Ciloang kota Serang dengan jumah responden 33 siswa. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan teknik pengumpulan data: observasi, dokumentasi, penyebaran angket dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah: berdasarkan hasil analisis kolerasi dengan menggunakan Product Moment (rxy) diperoleh hasil r = 0,61 hal ini menunjukan bahwa variabel X dan variabel Y terdapat kolerasi yang tinggi. Adapun Pengaruh Pembelajaran Kitab Safinatun Najah dengan Pelajaran Fiqih (variabel X) sebesar 61% hubungannya dengan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (variabel Y) di MA Darul Falah Kota Serang, sedangkan sisanya sebesar 39% berhubungan dengan faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kitab Safinatun Najah, Prestasi Siswa, MA Daarul Falah Ciloang |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 26 Mar 2017 12:23 |
Perubahan Terakhir: | 29 Apr 2024 04:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/220 |
Actions (login required)
Lihat Item |