MENGGUNAKAN MEDIA KARTU CERITA UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA(PTK Di Kelas IV SDIT Nurul Hidayah Ciceri Serang-Banten)

NURAJIJAH, AI (2018) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU CERITA UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA(PTK Di Kelas IV SDIT Nurul Hidayah Ciceri Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (518kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (571kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Membaca bagi seseorang sangat penting karena akan berpengaruh kepada sikap membaca dan pandangannya terhadap bahan bacaan. Study kasus yang dihadapi oleh siswa - siswi k elas IV SDIT Nurul Hidayah yang berlokasi di Komplek Ciceri Indah Kota Serang Provinsi Banten, siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menemukan ide pokok paragraf. Berdasarkan latar belakang di atas, pe nelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dengan menggunakan media kartu cerita dan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia pada materi Menemukan Ide Pokok Paragraf di kelas IV SDIT Nurul Hidayah Kota Serang. Penelitian ini men ggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin, yang mana terdapat 4 tahapan yaitu Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Act) dan Observasi (Observe) serta Refleksi (Reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan lembar observ asi yang dianalisis untuk mengetahui hasil belajar dan kegiatan pembelajaran menggunakan Media Kartu Cerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu cerita dapat merangsang motivasi siswa untuk membaca. Ketercapaian hasil belajar sisw a Pra Siklus adalah 30%, kemudian setelah menggunakan media kartu cerita meningkat menjadi (37,03%). Disimpulkan bahwa penggunaan Media Kartu Cerita dapat merangsang motivasi siswa untuk membaca, dan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menemukan ide pokok paragraf.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Jun 2018 02:40
Perubahan Terakhir: 30 Jun 2018 02:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.