NUR ANNISA, SYIFA (2018) EKSISTENSI KETELADANAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
Teks (COVER)
SAMPUL.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (39kB) |
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
lembaran paw .docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (56kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (50kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (54kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (42kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (50kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (25kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku menyimpang di kalangan remaja baik pemuda atau pelajar semakin meningkat, karena dalam Ki Hajar Dewantara pendidikan karakter bagi anak agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki prinsip, tidak mudah goyah jika dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang melanda negeri Indonesia tercinta. Sanggup memegang teguh nilai-nilai luhur dan taat pada agama, sehingga akan membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan sejahtera. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaiamana eksisitensi keteladanan pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hajar Dewantara Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi keteladanan pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hajar Dewantara. Dan menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya. Penelitian ini termasuk penelitian literer yang berfokus pada referensi buku dan sumber-sumber yang relevan. Pencarian data dicari dengan jenis penelitian Library Research dan pendekatan kualitatif literatur yaitu suatu penelitian kepustakaan murni, menggunakan metode dokumentasi yang mencari data mengenai hal-hal atau variabel-variabel yang berupa catatan atau buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan, notulen harian, catatan rapat, jurnal dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi keteladanan dalam pendidikan karakter perspektif pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah memberikan dorongan dan motivasi pada anak agar lebih rajin dalam melaksanakan tugas dan yang paling penting harus dapat dijadikan teladan bagi anak didiknya. Serta Ki Hajar Dewantara ini dalam konsep pendidikan karakter yang mengusung antara keseimbangan kecerdasan ilmu dan akhlak peserta didik sehingga dapat menghasilkan generasi yang cerdas dan memiliki budi pekerti yang baik serta karakter yang religius, berani, tegas dan berpendirian teguh. Serta menjadikan salah satu solusi dalam mengembangkan dan membangun kembali pendidikan nasional yang telah diporak-porandakan oleh dekadensi moral di era globalisasi mengingat pendidikan nasional yang saat ini memiliki segudang persoalan. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Eksistensi dalam pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara adalah sebagai daya upaya untukmewujudkan perkembangan budi pekerti
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 900 Sejarah > 920 Biografi & silsilah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jun 2018 02:40 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jun 2018 02:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
Lihat Item |