HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN PENGAMALAN SHALAT LIMA WAKTU(Studi di MTs Al-I’anah Jangkar Kota Cilegon)

AFIYANTI, TATI (2018) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN PENGAMALAN SHALAT LIMA WAKTU(Studi di MTs Al-I’anah Jangkar Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (82kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN)
BERKAS SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (431kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB I-5 BARU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (139kB)

Abstrak

Ibadah adalah wajib, mem pelajari ilmu tentang I badah adalah wajib pula karena tidak mungkin seseorang melaksanakan ibadah itu ha nya mengetahui dari esensi ibada h saja tanpa mengetahui cara melakukan ibadah tersebut. Berdasarkan latar belakang dan studi pendahuluan penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah Al - I’anah masih t erdapat kejanggalan - kejanggalan , hal ini terlihat dari gejala - gejala yang penulis temukan antara lain: adanya siswa yang tidak serius (bercanda) dalam belajar dikelas pada mata pelajaran fiqih dan adapula siswa yang main - main ketika imam sudah mengucapkan takbir pada waktu shalat berjamaah. R umusan M asalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al - I’anah Jangkar kota Cilegon ? Bagaimana siswa Madrasah Tsanawiyah Al - I’anah Jangkar kota Cilegon dalam mengamalkan ibadah shalat lima waktu? Bagaimana hubungan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan pengamalan ibadah shalat di Madrasah Tsanawiyah Al - I’anah Jangkar kota Cilegon ? Tujuan Penelitian adalah u ntuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Mad rasah Tsanawiyah Al - I’anah. Untuk mengetahui siswa Madrasah Tsanawiyah Al - I’anah dalam mengamalkan ibadah shalat lima waktu. Untuk mengetahui hubungan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan pengamalan ibadah shalat di Madrasah Tsanawiyah Al - I ’anah . Manfaat dari penelitian ini antara lain, penulis dapat menambah wawasan pemahaman tentang pentingnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fiqih guna meningkatkan pengamalan shalat lima waktu siswa. P enelitian ini menggunakan metode D eskriptif yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya dari hasil penelitian. Dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, menyebarkan angket, dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis statistik diketahui bahwa rxy = 0,4 2 , hasil ini berarti minat belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih dengan pengamalan shalat lima waktu te rdapat korelasi yang cukup atau sedang. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan determinasi (CD) adalah sebesar 17,64 % sedangkan sisanya sebesar 82, 3 6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Simpulan da ri analisis korelasi antara Variabel X Dan Variabel Y terdapat korelasi yang positif dan tidak terdapat hubungan yang signifikan atau memiliki korelasi yang cukup atau sedang .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2018 17:25
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2018 17:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.