PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH(Studi di MTs Ashhabul Maimanah Sidayu-Tirtayasa)

MUFLIHAH, MUFLIHAH (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH(Studi di MTs Ashhabul Maimanah Sidayu-Tirtayasa). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (196kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (385kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (326kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (571kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Model pembelajaran student teams achievement division ( STAD ) merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok kecil dengan jumlah anggot a tiap kelompok 4 - 5 orang siswa. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi kegiatan kelompok, kuis dan penghargaan kelompok. Guru menyajikan pelajaran, dan kemudian siswa bekerja dalam tim mereka memastikan bahwa selu ruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Kemudian, seluruh siswa diberikan tes tentang materi tersebut pada saat tes ini mereka tidak dibolehkan saling membantu.Seperti halnya pembelajaran lainnya, pembelajaran kooperatif tipe STAD ini juga membutuhkan persiapan yang matang sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. R umusan masalah dalam penelitian ini a dalah: 1) Bagaimana penggunaan metode student teams achievement division (STAD) dalam proses pembelajaran? 2) Bagaimana hasil belajar siswa MTs Ashhabul Maimanah Sidayu pada mata pelajaran Fiqih ? 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk m engetahui p engguanaan metode student teams achievement division (STAD) dalam proses pembelajaran. 2) Untuk m engetahui hasil belajar siswa MTs Ashhabul Maimanah Sidayu - Tirtayasa pada mata pelajaran Fiqih. 3) Untuk m engetahui p engaruh penggunaan metode student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ashhabul Maimanah Sidayu - Tirt ayasa, dengan jum lah sampel 56 orang dari populasi den gan jumlah 109 orang . Populasi diambil dari siswa MTs Ashhabul Maimanah Siday u - Tirtayasa, kelas VIII . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam te knik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan angket. Hasil dari perhitungan statistik diperoleh data (variabel X) dengan nilai mean 45,71 artinya metode (STAD) yang digunakan dalam proses pembelajaran termasuk kategori cukup. Adapun hasil dari perhitungan statistik (variabel Y) dengan nilai mean 76,19 artinya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih termasuk kategori cukup. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisis korelasi (variabel X) dengan (v ariabel Y ), menunjukan bahwa koefi sien korelasi ( ) berada antara (0,80 - 1,00) yang interprestasinya adalah pengaruh penggunaan metode (STAD) (variabel X) terhadap hasil belajar siswa (variabel Y) terdapat korelasi yang sangat tinggi. Adapun kontri busi variabel X dan variab el Y dengan menggunakan (CD) sebesar 87,79% sedangkan sisanya 12,21% dapat dipengaruhi variabel lain dan dapat diteliti lebih lanjut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2018 03:03
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2018 03:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.