PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI(Studi di Kelas VII SMPN 1 Cadasari, Pandeglang)

GUNARI, GUNARI (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI(Studi di Kelas VII SMPN 1 Cadasari, Pandeglang). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
5.a. ABSTRAK bahasa Indonesia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (79kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
13. Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
14. Bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (326kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
15. Bab 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (382kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
17. Bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
18. Daftar Pustaka revisi setelah sidang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (161kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Model pembelajaran memiliki pera n penting dalam kegiatan pembelajaran, karena model pembelajaran berfungsi sebagai cara untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain peran model pembelajaran, keberhasilan proses pembelajaran juga ditunjang oleh motivasi belajar siswa. Dalam upaya peningkatan hasil belajar, setiap guru diharapkan mampu menciptakan kondisi belajar yang menantang siswa untuk kreatif, aktif dan dapat berinovasi berorientasi pada kehidupan di masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh dari pers epsi siswa tentang penggunaan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa?, 2) Apakah ada pengaruh dari motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa?, 3) Apakah ada pengaruh dari persepsi siswa tentang penggunaan model contextual t eaching and learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ?. Tujuan Penelitian yaitu : 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa, 2) Untuk mengetahui pen garuh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa?, 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan model contextual teaching and learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Populasi penelitian adalah 84 orang siswa di SMPN 1 Cadasari, Pandeglang Banten. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, ditetapkan s ampel sebanyak 42 orang siswa sebagai responden. Alat pengumpulan data untuk ketiga variabel diperoleh melalui angket (intrumen) dan soal ulangan harian. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: Pertama , Adanya pengaruh positif dan signifikan dari persepsi siswa tentang penggunaan model CTL dengan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji korelasi 0,501 , skore rata - rata 79,95 atau 46,0%. Kedua , Adanya pengaruh positif dan signifikan dari motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji korelasi 0,743 , skore rata - rata 79,76 atau 63,0%, Ketiga , Adanya pengaruh positif dan signifikan dari persepsi siswa tentang penggunaan model CTL dan motivasi belajar siswa secara bersama - sama dengan hasil belajar siswa. Hubungan dimaksud digambarkan regresi jamak Ŷ = 16,446 + 0,237 X 1 + 0,566 X 2 dengan Koefisien korelasi jamak sebesar ry 1 . 2 = 0,835 dan Koefisien determinasnya (ry 12 ) 2 = 0,698 atau 69,8%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Persepsi Siswa, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2018 09:37
Perubahan Terakhir: 23 Feb 2018 09:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.