Ma'rifaturrohmah, Ma'rifaturrohmah (2018) Layanan Edukatif bagi Orangtua dalam Membimbing Belajar Anak (Studi Kasus Terhadap Lima Warga di Desa Margagiri Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
CAVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (235kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
lampiran depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (371kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (319kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (253kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (194kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan, peserta didik sering disebut “ raw material ” (bahan mentah). Keluarga adalah pendidik pertama bagi anak. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak akan mendorong perhatian anak dalam belajar, karena orang tua memiliki hak dan tanggung jawab dalam memengaruhi pendidikan anak. Orang tua d apat meningkatkan kesempatan agar anak sukses belajar dengan aktif dan memiliki pengetahuan yang luas, orang tua harus mengetahui mengenai proses pembelajaran. Sehingga secara sadar orang tua dapat lebih berusaha memahami anaknya, dan mendukung serta menun jukkan keyakinannya bahwa jika adanya keterlibatan selain guru yakni juga orang tua dalam belajar anak maka anak tersbut akan membangun masa depan yang baik. Tujuan penelitian ini berdasarkan perumusan masalah terse but, adalah sebagai berikut: 1) Untuk men getahui kemampuan orang tua dalam membimbing belajar anak di desa Margagiri . 2 ) Untuk mengetahui penerapan layanan edukatif bagi orang tua dalam membimbing belajar anak. 3) Untuk mengetahui pengaruh layanan edukatif bagi orang tua dalam membimbing belajar anak di desa Margagiri . Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif. Pengumpulan data yaitu teknis observ asi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa , Kemampuan orang t ua tidak dilihat dari pekerjaan namun kemampuannya yaitu penguasaaan materi saat membimbing belajar anak, serta orang tua yang sudah bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, serta memberi kesenangan dan memenuhi kebutuhan anaknya sehingga anak mau belajar. Penerapan bagi orang tua yakni melakukan wawancara kesiapan responden sekaligus mencari pokok permasalahan, kemudian memberikan saran t entang membimbing belajar anak yang berupa komunikasi , menarik dan bermain bentu k belajar , setelah itu menerapkan saran tersebut, kemudian mengetahui hasil perkembangannya. Pengaruh bagi orang tua yaitu berkomunikasi dengan anak penuh kasih sayang dan lembut ser ta m embimbing belajar lebih menarik dan senang. Lebih memperhatikan anaknya agar belajar lebih giat, selain itu membawa anak lebih dekat dengan orang tua sehingga orang tua bisa merasakan perasaan anak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 23 Feb 2018 09:35 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 03:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
Lihat Item |