Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Sholat Jum’at Melalui Penerapan Model Demonstration(PTK di Kelas VII A SMP PGRI 1 Kota Serang)

MUKYATI, ESTI (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Sholat Jum’at Melalui Penerapan Model Demonstration(PTK di Kelas VII A SMP PGRI 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (693kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (375kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (270kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (474kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Jumlah banyaknya siswa kelas VII A SMP PGRI 1 Kota Serang yang belum tuntas dalam belajar, dengan kata lain hasil belajarnya masih rendah belum mencapai standar yang ditetapkan yaitu KKM 75. Oleh karena itu peneliti merasa sangat penting untuk melakukan penelitian pada permasalahan ini, karena hasil belajar dan aktiv itas belajar yang baik akan menjadi tolak ukur penilaian keberhasilan siswa. Pendidikan berkaitan erat dengan keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas sebagai unsur mikro dari suatu keberhasilan pendidikan. Tentu saja keberhasilan implementasi suatu strategi pembelajaran di dalam kelas tergantung pada ketepatan guru dalam menggunakan metode, teknik d an strategi pembelajaran. Hasil belajar siswa dalam kemampuan membaca dan praktik sholat jum’at sangatlah kurang dikarenakan pembelajaran yang klasikal, sehingga menimbulkan rasa kurang antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Praktik sholat jum’at juga merupakan dari prilaku individu baik dalam pikiran, pengalaman baru, serta sikap yang mencerminkan ciri kreativitas siswa dalam memecahkan ma salah dan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran PAI melalui penggunaan model dem onstration dalam materi sholat jum’at di kelas VII A SMP PGRI I Kota Serang? Tujuan penelitian yang ingin dicapai sesuai dengan perumusan masalah dalam penelitian ini ia lah Untuk mengetahui upaya meningkatkan siswa pada saat proses pembelajaran PAI melalu i penggunaan model demonstration dalam materi sholat jum’at di kelas VII A SMP PGRI I Kota Serang. Pada peneliti ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri a tas perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Adapun objek dan lokasi penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 26 siswa kelas VII A SMP PGRI 1 Kota Serang yang terdiri dari 14 laki - laki dan 12 perempuan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu: model demonstration dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi sholat jum’at. Dapat dilihat dari adanya peningkatan dari setiap siklu snya, dimana aktivitas belajar siswa pada pra siklus rata - rata hanya 5,11 sedangkan pada siklus I memperoleh nilai rata - rata 6,92 dan pada siklus II mencapai nilai rata - rata 8,34. Sedangkan hasil belajar siswa adanya peningkatan dari setiap siklusnya diman a hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 61,73 siklus I memperoleh nilai rata - rata 70,57 dan pada siklus II mencapai nilai rata - rata 77,50.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): MODEL DEMONSTRATION
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 14 Feb 2018 07:13
Perubahan Terakhir: 14 Feb 2018 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.