PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN(Studi Kasus di MA Mathla’ul Anwar Pandeglang dan MA Syekh Manshur Pandeglang)

HINAYAH, INNI (2018) PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN(Studi Kasus di MA Mathla’ul Anwar Pandeglang dan MA Syekh Manshur Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (168kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (364kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (184kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (692kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (246kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (166kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR RIWAYAT HIDUP)
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. P eranan kepemimpinan ke pala madrasah di MA Mathla’ul Anwar Pandeglang dan MA Syekh Manshur Pandeglang dalam penin gkatan mutu pendidikan , 2. S trategi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Mathla’ul Anwar Pandeglang d an MA Syekh Manshur Pandeglang, 3. F aktor pendukung, faktor penghambat , dan upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Mathla’ul Anwar Pandeglang d an MA Syekh Manshur Pandeg lang, 4. H asil yang dicapai dalam kepemimpinan k epala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru . Tempat penelitian dilakukan di MA Mathla’ul Anwar Pandeglang dan MA Syekh Manshu r Pandeglang . Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 . Peranan kepemimpinan kepala madrasah di MA Mathla’ul Anwar dan MA Syekh Manshur memiliki kesamaan yaitu peranannya sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan karena kepala madrasah sebagai atasan yang menjadi elemen sentral penentu arah keberhasilan madrasah dan berperan sebagai manajer , leader , supervisor , eduk ator , administrator , inovator , motivator , 2. Strategi yang dilakukan kepala madrasah Mathla’ul Anwar dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah den gan menganalisis kebutuhan warga madrasah, membuat visi misi, menentukan target dan tujuan madrasah, menyusun program , melakukan evaluasi, melakukan pelatihan guru , melakukan supervisi, dan memfasilitasi minat dan bakat siswa . Sedangkan strategi yang dilakukan kepala madrasah MA Syekh Manshur yaitu lebih berfokus pada pelatihan guru untuk meningkatkan kinerja dan profesionalismenya , 3. Faktor pendukung , penghambat, dan upaya yang dilakukan di MA Mathla’ul Anwar dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu: adanya semangat jihad guru dalam mengaj ar, kekompakan warga madrasah, SDM yang berkuali tas, dan untuk faktor penghambatnya adalah adanya sarana prasarana yang sudah usang , kebijakan yayasan yang mengikat, dan sumber dana yang minim. Upaya yang dilakukan adalah mengadakan kutipan tiap bulan dari siswanya untuk memenuhi sarana prasarana, dan mengadaka n sidang pegujian dengan pihak yayasan sebelum melakukan kegiatan. Sedangkan faktor pendukung, penghambat, dan upaya yang dilakukan kepala madrasah Syekh Manshur dalam peningkatan mutu pendidikan adalah semangat guru - guru untuk menjadikan siswa nya maju d an berprestasi, meningkatkan kualitas tenaga pendidik yaitu dengan cara mengirimkan guru - guru untuk mengikuti pelatihan . Untuk faktor penghambatnya adalah keadaan budaya masya ra kat desa yang masih kurang paham pentingnya pendidikan, terbatasnya sarana dan prasarana, dan sumber dana yang minim, upaya yang dilakukan yaitu melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat akan pentingnya pendidikan, dan mencari bantuan dana kepada pemerintah setempat, 4. Hasil yang dicapai dalam kepemimpinan kepala madrasah MA Math la’ul Anwar adalah sebagian besar lulusan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, siswa - siswi berprestasi dalam bidang akademik dan ekstrakurikuler, dalam bidang sarana prasarana sekarang sedan g dibangunnya pondok pesantren , sedang k a n hasil yang dicapai oleh MA Syekh Manshur adalah iklim kerja yang nyaman, kompetensi dan administrasi gur u menjadi lebih baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): KEPEMIMPINAN; KEPALA MADRASAH; MUTU PENDIDIKAN
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 14 Feb 2018 07:13
Perubahan Terakhir: 14 Feb 2018 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.