Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok dan Self Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa.

Maesaroh, Siti (2025) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok dan Self Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_211340125_COVER.pdf

Download (228kB)
[img] Teks
S_BKI_211340125_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (696kB)
[img] Teks
S_BKI_211340125_BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Teks
S_BKI_211340125_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_BKI_211340125_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (605kB)
[img] Teks
S_BKI_211340125_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (534kB)
[img] Teks
S_BKI_211340125_BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
S_BKI_211340125_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (969kB)

Abstrak

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda pekerjaan akademik yang dilakukan oleh individu. Fenomena Perilaku menunda-nunda ini terjadi di lingkungan pendidikan, seperti yang peneliti temukan pada mahasiswa BKI angkatan 2023 Fakultas Dakwah UIN SMH Banten, bahwa masih terdapat mahasiswa yang cenderung melakukan penundaan terhadap tugas akademiknya. Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui tingkat penggunaan media sosial tiktok pada mahasiswa BKI UIN Banten angkatan 2023. 2) Untuk mengetahui tingkat self efficacy mahasiswa BKI UIN Banten angkatan 2023. 3) Untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa BKI UIN Banten angkatan 2023. 4) Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BKI UIN Banten angkatan 2023. 5) Untuk mengetahui pengaruh antara self efficacy terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BKI UIN Banten angkatan 2023. 6) Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media sosial tiktok dan self efficacy secara bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BKI UIN Banten angkatan 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Bimbingan Konseling Islam angkatan 2023 yang berjumlah 180 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form, yang dilaksanakan pada Juni 2025 dengan jumlah sampel sebanyak 123 responden. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat penggunaan media sosial tiktok berada dalam kategori sedang dengan mean sebesar 82,14. 2) Tingkat self efficacy dengan perolehan mean sebesar 79,24 berada pada kategori sedang. 3) Tingkat prokrastinasi akademik dengan perolehan mean sebesar 92,32 berada dalam kategori sedang. 4) Pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik menunjukkan hasil positif dengan signifikasi sebesar 0,001 < 0,005. 5) Pengaruh self efficacy terhadap prokrastinasi akademik menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan dengan signifikasi sebesar 0,219 > 0,005. 6) Pengaruh penggunaan media sosial titktok dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dengan perolehan signifikasi sebesar 0,001 < 0,005 sehingga Ha diterima. Nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,661 atau berarti pengaruhnya sebesar 66,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penggunaan Media Sosial Tiktok, Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 17 Nov 2025 03:31
Perubahan Terakhir: 17 Nov 2025 03:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17743

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.