Sujana, Dana (2022) Implementasi Manajemen Kurikulum 2013 dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Deskriptif di SMA Plus dan MAS Assa’adah Assa’adah Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
T_MPI_192630022_Cover.pdf Download (331kB) |
|
|
Teks
T_MPI_192630022_Lampiran Depan.pdf Download (484kB) |
|
|
Teks
T_MPI_192630022_Bab I.pdf Download (751kB) |
|
|
Teks
T_MPI_192630022_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (657kB) |
|
|
Teks
T_MPI_192630022_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (368kB) |
|
|
Teks
T_MPI_192630022_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (597kB) |
|
|
Teks
T_MPI_192630022_Bab V.pdf Download (355kB) |
|
|
Teks
T_MPI_192630022_Daftar Pustaka.pdf Download (463kB) |
Abstrak
Penelitian ini akan membahas tentang mutu Pendidikan yang akan ditingkatkan dengan implementasi manajemen kurikulum 2013 dan gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMA Plus Assa’adah dan MAS Assa’adah Serang. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen kurikulum yang diimplementasikan mampu meningkatkan mutu pendidikan di dua sekolah ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya respon positif dari dua arah dalam kegiatan belajar mengajar, beralihnya pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu peningkatan mutu pendidikan juga ditunjang oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya konsep yang digagas kepala sekolah, keterampilan membangun dan menjalin hubungan yang baik dan keterampilan teknik kepala sekolah pengelolaan dan pemberdayaan semua unsur sekolah dapat dilaksakan. Adapun faktor pendukungnya adalah dukungan pemerintah/dinas terkait, dukungan penuh dari Yayasan, kepala sekolah dan para wakil, diutusnya beberapa guru untuk mengikuti pelatihan, disediakan waktu untuk pelatihan secara internal dan berkala, saling take and give antara guru dalam proses pembelajaran. Sarana dan prasarana yang memadai serta adanya tahapan dalam pelaksanaan dan implementasi kurikul di kedua sekolah ini. Sementara faktor penghambat adalah banyaknya kegiatan yang bersifat mendadak baik undangan dari dinas maupun kegiatan yang diprogramkan pondok yang menaungi kedua sekolah ini, beberapa guru yang masih dengan metode pembelajaran klasik seperti ceramah.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kurikulum 2013, gaya kepemimpinan, mutu, pendidikan |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
| Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 02 Okt 2025 03:10 |
| Perubahan Terakhir: | 02 Okt 2025 03:10 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17630 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
