RAPITA, RAPITA (2018) PENDIDIKAN USIA REMAJA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (68kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
KEASLIAN SKRIPSI DLL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (414kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (233kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (640kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (167kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (164kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (135kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan pada dasarnya merupakan usaha sadar dan terencana untuk menumbuh kembangkan potensi-potensi peserta didik, dan membentuk kepribadian muslim terhadap peserta didik, mewujudkan peserta didik yang berakhlaqul karimah khususnya pada usia remaja. Remaja adalah generasi harapan bangsa yang memiliki potensi. Namun, masa remaja adalah masa yang penuh pertentangan, karena pada masa ini seseorang banyak mengalami perubahan baik pada fisik maupun psikisnya, dengan keadaan yang seperti ini cukup sulit bagi remaja untuk mencapai keberhasilan di bidang apapun yang mereka tekuni. Adapun rumusan masalahnya yaitu, Mengapa pendidikan usia remaja itu penting? Bagaimana dengan problema remaja dan solusinya? Dan bagaimana pendidikan usia remaja dalam perspektif pendidikan Islam? Kemudian Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pentingnya pendidikan pada usia remaja, Untuk mengetahui problema remaja dan solusinya Untuk mengetahui pendidikan usia remaja dalam perspektif pendidikan islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan studi kepustakaan (Library Research), seluruh data yang ada, dianalisa dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif serta pendekatan analisis deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah karena masa remaja merupakan masa yang mudah terpengaruh dengan berbagai hal yang baik maupun yang buruk. Kemudian remaja juga merupakan aktor utama dalam mengendalikan masa depan bangsa ke arah yang lebih baik tentunya. problema yang saat ini di alami oleh remaja yaitu di antaranya, pergaulan yang kurang baik, hubungan remaja dengan orang tua dan lain sebagainya, hal ini dapat dicegah dengan membatasi waktu bermain remaja, dengan itu kembali kepada orang tua yang pengawasannya di rumah, dan apabila di sekolah itu pengawasan ada pada tanggung jawab guru. kemudian masyarakat juga ikut serta dalam memikul pendidikan pada usia remaja, agar setiap remaja dididik menjadi remaja yang taat dan patuh menjalankan agamanya, guna menjadi remaja yang baik pula sebagai warga desa, warga kota dan warga negaranya. Pendidikan usia remaja dalam perspektif pendidikan Islam adalah mendidik remaja yang sejalan dengan pendidikan Islam, pendidikan yang harus ditanamkan pada usia remaja yaitu tentang aqidah, serta pembiasaan terhadap remaja untuk selalu melakukan hal-hal positif seperti halnya membantu orang tua, mengikuti pengajian,dan lainnya guna mecapai hidup yang indah dunia dan akhirat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PENDIDIKAN USIA REMAJA |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 08 Feb 2018 01:56 |
Perubahan Terakhir: | 08 Feb 2018 01:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1732 |
Actions (login required)
Lihat Item |