Peran Customer Service sebagai Fungsi Public Relations dalam Mengatasi Handling Complaint (Studi pada Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung)

Apandi, Agus (2025) Peran Customer Service sebagai Fungsi Public Relations dalam Mengatasi Handling Complaint (Studi pada Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_191420044_Cover.pdf

Download (48kB)
[img] Teks
S_PBS_191420044_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PBS_191420044_BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Teks
S_PBS_191420044_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (339kB)
[img] Teks
S_PBS_191420044_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (347kB)
[img] Teks
S_PBS_191420044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (400kB)
[img] Teks
S_PBS_191420044_BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Teks
S_PBS_191420044_Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung untuk mengetahui peran customer service sebagai fungsi public relations dalam mengatasi handling complaint. Customer service merupakan salah satu sumber daya manusia yang diperlukan oleh sebuah perusahaan. Customer service harus mampu memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan dan keluhan nasabah, serta mampu menjelaskan beragam produk dan menyampaikan infomasi kepada nasabah. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana peran customer service sebagai fungsi public relations di Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung?. 2). Bagaimana peran customer service dalam mengatasi handling complaint di Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui peran customer service sebagai fungsi public relations di Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung 2).Untuk mengetahui peran customer service dalam mengatasi handling complaint di Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini akan menghasilkan data deskriptif dan informasi yang diperoleh dari lembaga yang berkaitan dengan objek penelitian penulis melakukan beberapa teknik pengumpulan data agar data-data yang dikumpulkan relevan dengan permasalahan penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulannya berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan tentang peran customer service sebagai fungsi public relations dalam mengatasi handling complaint di Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung. Publik Relation sangat berperan penting dalam mengelola citra positif. Peranan public relations sebagai komunikator yaitu public relations memiliki kemampuan yang sangat baik ketika berhadapan langsung dengan nasabah maupun calon nasabah sekaligus menjadi mediator dalam penyampaian keluhan maupun saran untuk Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung serta menjadi jembatan penghubung antara nasabah dan Bank BSI untuk mendapatkan feedback secara langsung atas informasi–informasi mengenai produk–produk Bank Syariah Indonesia. Peran customer service sebagai fungsi publik relations antara lain: 1). Membangun hubungan positif dengan nasabah 2). Menangani umpan balik dari nasabah 3). Meningkatkan citra perusahaan 4). Menjaga kepercayaan nasabah 5). Meningkatkan brand awareness. Sedangkan peran customer service dalam mengatasi handling komplain antara lain: 1). Memahami masalah yang sedang dihadapi nasabah 2). Merspons dengan cepat keluhan nasabah 3). Memberikan solusi yang efektif dan memadai 4). Menjaga komunikasi terbuka dengan nasabah 5). Membangun kembali kepercayaan nasabah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Customer Service, Publik Relation, Handling Komplain.
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.1 Bank, Perbankan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Jul 2025 08:15
Perubahan Terakhir: 04 Jul 2025 08:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17077

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.