SOBRIA, SOBRIA (2018) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI PENGURUSAN JENAZAH(Studi Eksperimen di Kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (145kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (416kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (976kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan bel ajar siswa pada mata pelajaran F iqih di kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon. Hal ini dikarenak an pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat. M etode demonstrasi adalah metode yang mempertunjukkan suatu perbuatan atau tatacara melakukan sesuatu dengan menggunakan alat/benda asli atau tiruan yang disertai dengan penjelasan - penjelasan dalam suatu pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) B agaimana peng gunaan metode demonstrasi di kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon? 2) Bagaimana k eaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi pengurusan Jenazah sebelum menggunakan metode demonstrasi di kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon? 3) Apakah terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap keaktifan bel ajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi pengurusan Jenazah kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon? . Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) U ntuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi di kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon , 2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi pengurusan Jenazah sebelum menggunakan metode demonstrasi di kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon , 3) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap keaktifan bela jar siswa dalam mata pelajaran Fiqih materi pengurusan Jenazah kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desai n penelitian nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini menggunakan sampel populasi keseluruhan siswa kelas IX MTs Rihlatul Ummah Cilegon yang berjumlah 54 orang kelas IX A berjumlah 27 orang dan kelas IX B berjumlah 27 orang, diperoleh kelas IX B sebagai kelas ekperimen dan kelas IX A sebagai kelas kontrol. Instrumen pengambilan data menggunakan observasi, angket, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil p enelitian ini diketahui t hitung 2,03lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,705. Sebagaimana ketentuan dari rumusan uji hipotesis, jika nilai t hitung > t tabel , maka dalam penelitian pengaruh metode demonstrasi ter hadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi pengurusan Jenazah H a diterima dan H o ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi mempunyai pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PELAJARAN FIQIH |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2018 02:13 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2018 02:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
Lihat Item |