IMPLEMENTASI METODE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS(PTK di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cilegon)

MUNAWAROH, SITI TOYIBATUL (2018) IMPLEMENTASI METODE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS(PTK di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
CAVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (187kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (577kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah menjelaskan implementasi metode Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an hadits di kelas VII F MTsN 1 Kota Cilegon. Metode Take and Give merupakan metode yang pada dasarnya mengacu pada konstruktivisme, yaitu pembelajaran yang dapat membuat siswa itu sendiri aktif dan membangun pengetahuan yang akan menjadi miliknya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII F MTsN 1 kota Cilegon, dengan menggunakan desain Penelitian tindakan Kelas Kemmis dan Mc Taggart dalam Arikunto. Variabel beba s yang diteliti yaitu Metode Take and Give, sedangkan variabel terikatnya yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadits. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil implementasi metode ta ke and give dapat meningkat hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 45,71% pada pra siklus, 62,85% pada siklus I, dan 77,14% pada siklus II. Karena adanya dorongan orang tua, motivasi guru, dan adanya rasa keingin tahuan, da n minat belajar siswa yang timbul pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis Presentase ketuntasan belajar ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): METODE BELAJAR AL-QUR'AN HADITS
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2018 02:13
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2018 02:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.