ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN SINDANG RAKSA PADA MATERI PECAHAN

FEBRIANA, RAHMADHANI (2018) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN SINDANG RAKSA PADA MATERI PECAHAN. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (15kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (48kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (287kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (63kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN Sindangraksa. Latar belakang penelitian ini adalah p ada umumnya guru mengajarkan matematika dengan menerangkan konsep dan operasi matematika, memberi contoh mengerjakan soal, serta meminta siswa untuk mengerjakan soal yang sejenis dengan soal yang sudah diterangkan guru. Model ini me nekankan pada menghafal konsep dan prosedur matematika guna menyelesaikan soal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa d ari data - data yang sudah penulis analisis dari hasil penelitian siswa yang memperoleh hasil belajar rendah, melalui analisis lembar jawaban siswa pada pemahaman siswa dalam konsep matematika pada materi pecahan, analisis hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, maka dapat diambil kesimpulan mengenai pen yebab rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN Sindangraksa pada materi pecahan ; 1) Siswa belum mampu menentukan letak pecahan pada gari s bilangan, 2) Siswa belum mampu mengurutkan pecahan dari yang terkecil hingga yan g terbesar, 3) Siswa b elum mampu mengurutkan pecahan dari yang terbesar hingga yang terkecil yang berbeda penyebutny a, 4) Siswa belum mampu menentukan pecah an yang senilai, 5) Siswa belum mampu mencantumkan garis bilangan dalam membandingkan pecahan menggunakan tanda lebih besa r (>) dan lebih kecil (<), 6) Siswa belum mampu menggunakan tanda lebih besar (>) dan lebih kecil (<), 7) Siswa belum mampu menentukan hasil akhir dalam menjawab soal menyederhanakan bentuk pecahan ke bentuk yang paling sederh ana, 8) Siswa belum mampu menentukan hasil akhir dalam menjawab soal menjumlahkan pecahan yang tidak sama penyebut nya, 9) Siswa belum mampu menentukan h asil akhir dalam menjawab soal m engurangi pecahan yang sama peny ebutnya, 10) Siswa belum mampu menentuka n hasil akhir dalam menjawab soal Menentukan hasil operasi hitung pecah an, 11) Siswa belum mampu menentukan hasil akhir dalam menjawab soal menyelesaikan soal dalam bentuk penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pecahan, 12) Kurangnya perhatian siswa te rhadap guru, saat guru sedang menyampaikan materi pecahan, 13) Kurangnya minat siswa pada mata pelajaran matematika dalam materi pecahan, 14) Kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran matematika pada materi pecahan, 15) Kurangnya kedisiplinan guru, guru datang terlambat ke sekolah, 16) Tidak adanya media dan alat peraga yang mendukung dalam penyajian materi pecahan, 17) Dalam menyampaikan materi yang menggunakan garis bilangan, guru tidak menjelaskan materi secara detail.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): HASIL BELAJAR' MATEMATIKA; MATERI PECAHAN
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2018 02:12
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2018 02:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.