HUSEN, USWATUN HASANAH (2018) PENGARUH PENDAPATAN DAN POTONGAN HARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
PA IRSAL COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (30kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
AWAL (ASLI) VERSI . pa irsal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (451kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
bab 1-5 (UIN) revisi. 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (792kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendapatan merupakan sebagai has il kerja (usaha dan sebagainya). Sedangkan potongan h arga adalah pengurangan harga produk dari suatu produk dan di tetapkan pada satu periode tertentu . Potongan harga me rupakan salah satu dari stra tegi harga, di mana ini berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Banyak dari mahasiswa UIN SMH Banten ya ng berbelanja tidak sesuai dengan estimasi awal, apalagi jika telah mendengar kata potongan harga. Siapa yang tidak tertarik terhadap diskon, cuci gudang, jumbo sale , banting harga, dll. Meski pun barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan namun biasanya teta p saja dibeli. Sementara perilaku konsumen menurut perspektif ekonomi Islam tidak boleh dilakukan secara berlebih - lebihan, sebab berlebih - lebihan merupakan perbuatan boros , dan Allah tidak menyukai terhadap orang - orang boros . Dari latar belakang tersebut d apat dituliska n rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah pendapatan berpengaruh terhadap perilaku konsumen? , 2) Apakah potongan harga berpengaruh terhadap perilaku konsumen? , 3) A pakah pendapatan dan potongan harga berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumen ?. Adapun t ujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengidentifikasi apakah pendapatan berpenga ruh terhadap perilaku konsumen. 2) Untuk mengidentifikasi apakah potongan harga berpengaruh terhadap perilaku konsum en. 3) Untuk mengidentifikasi apakah pendapatan dan potongan harga berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumen . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 72 re sponden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode uji parsial, uji simultan beserta koefisien korelasi dengan menggunakan SPSS 16.0. Berda sarkan hasil uji t , terdapat variabel pendapatan t idak berpengaruh terhadap perilaku konsumen dan variabel potongan h arga berpengaruh terhadap perilaku konsumen . Hal ini dapat dilihat dari variabel pendapatan yang memiliki nilai t hitung ( 1,482 ) < t tabel ( 1,995 ) . Sedangkan v ariabel potongan h arga memiliki nilai t hitung ( 2,675 ) > t tabel ( 1,995 ) . Hasil uji f menunjukkan nilai f hitung sebesar ( 7.661 ) > f tabel ( 3.129 ) . Maka dapat disimpulkan pendapatan dan potongan h arga mempunyai pengaruh yang simultan terhadap perilaku konsumen
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | POTONGAN HARGA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2018 02:12 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2018 02:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1677 |
Actions (login required)
Lihat Item |