القيم الصوفية في شعر عبادالله وعلاقتها بشخصية الشيخ عبد القادر الجيلانى (تحليل الخطاب النقدي بنظرية لفان ديك)

Hardiansyah, M Ropi Sahrul (2024) القيم الصوفية في شعر عبادالله وعلاقتها بشخصية الشيخ عبد القادر الجيلانى (تحليل الخطاب النقدي بنظرية لفان ديك). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_201360028_Cover.pdf

Download (585kB)
[img] Teks
S_BSA_201360028_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_201360028_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_201360028_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_201360028_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (827kB)
[img] Teks
S_BSA_201360028_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (997kB)
[img] Teks
S_BSA_201360028_BAB V.pdf

Download (589kB)
[img] Teks
S_BSA_201360028_Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstrak

Syair Ibadalah merupakan salah satu syair yang cukup terkenal dikalangan para sufi dan banyak mengandung nilai-nilai tasawuf didalamnya yang mengedepankan pembersihan hati dan kedekatan dengan Allah Swt. Terkhusus di Indonesia tidak sedikit masyarakat dan golongan-golongan tertentu seperti penganut ajaran torekat Qodiriyah Waa Naqsabandiyah selalu membacakan syair Ibadalah ini pada acara manaqib atau haul nya Syekh Abdul Qodir Al-Jilani. Sehingga penelitian ini dibuat yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis niali-nilai tasawuf dalam syair Ibadallah serta mengkorelasikanya dengan tokoh ataupun ajaran Syekh Abdul Qodir Al-Jilani berdasarkan analisis dimensi teks, dimensi kognisi sosial dan dimensi konteks sosial. Dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.) bagaimana demensi teks pada syair Ibadallah dan korlasinya dengan Tokoh Syekh Abdul Qodir Al-Jilani? 2.) bagaimana demensi kognisi sosial pada syair Ibadallah dan korlasinya dengan Tokoh Syekh Abdul Qodir Al-Jilani? 3.) bagaimana demensi konteks sosial pada syair Ibadallah dan korlasinya dengan Tokoh Syekh Abdul Qodir Al-Jilani?. Penelitian ini mengunnakan pendekatan analisis wacana kritis model Van dijk untuk mengungkap struktur wacana pada teks dan kongnisi sosial serta konteks sosial yang terkandung dalam syair tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriftif analitis dengan sumber data utama dalam penelitian ini adalah teks syair Ibadallah dan literatur yang berkaitan dengan ajaran Syekh Abdul Qodir Al-Jilani serta hasil dari wawancara yang dilakukan terhadap masyarakat yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa syair Ibadallah mengandung nilai-nilai tasawuf seperti zuhud menjauhkan diri dari ketergantungan dan kecintaan duniawi, tawakal penuh kepada Allah, ikhlas dalam beribadah, dan rasa cinta kepada Allah. Nilai-nilai ini sejalan dengan ajaran Syekh Abdul Qodir Al-Jilani yang menekankan pentingnya pembersihan hati dan rasa totalitas penyerahan diri kepada Allah Swt. Korelasi antara nilai-nilai dalam syair Ibadallah dengan tokoh Syekh Abdul Qodir Al-Jilani diperkuat melalui analisis wacana kritis yang menunjukan bagaimana ideologi tasawuf disampaikan dan diterima dalam konteks sosial dan budaya masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam kajian tasawuf dalam sastra islam dan memperkaya pemahaman tentang pengaruh tokoh sufi dalam karya-karya sastra keagamaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): tasawuf, syair ibadallah, syekh abdul qodir al-jilani, analisi wacana kritis model van dijk
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2025 07:30
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2025 07:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16742

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.