Al Farisi, Fazrurrakhman (2024) Hubungan Konsep Diri dan Iklam Sekolah dengan Kinerja Guru (Survei pada Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Pandeglang, Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
T_MPI_22625236_Cover.pdf Download (96kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_22625236_Lampiran Depan.pdf Download (849kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_22625236_BAB I.pdf Download (422kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_22625236_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (784kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_22625236_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (570kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_22625236_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (515kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_22625236_BAB V.pdf Download (280kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_22625236_Daftar Pustaka.pdf Download (309kB) |
Abstrak
Kinerja guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah citra diri dan iklim sekolah. Konsep diri mengacu pada persepsi diri individu, termasuk keyakinan tentang kemampuan dan nilai-nilai seseorang. Di sisi lain, iklim sekolah mengacu pada kondisi lingkungan belajar, termasuk budaya sekolah, norma, dan proses interaksi antar individu. Upaya kinerja guru menjadi semakin penting, mengingat peran Madrasah Tsanawiyah sebagai lembaga pendidikan menengah pertama yang bertanggung jawab terhadap pengembangan karakter Islami dan pengembangan akademik peserta didik. Namun, penelitian yang secara spesifik membahas hubungan antara konsep diri, iklim sekolah, dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Pandeglang masih terbatas. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penelitian jangka panjang yang mengikuti pendidik selama beberapa waktu untuk melacak peningkatan kinerja guru yang dikembangkan melalui konsep diri. Selain itu, riset ini diperlukan karena penelitian dilakukan untuk menentukan praktik terbaik dalam menerapkan konsep diri pendidik, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pengetahuan diri, pengharapan diri dan penilaian diri guru serta faktor hubungan kerjasama antar instrumen pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau adalah dewan guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri se Kabupaten Pandeglang, sebanyak 56 orang dewan guru. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji korelasi diketahui adanya pengaruh yang signifikan positif. Hubungan antara konsep diri dengan kinerja guru memiliki pengaruh positif sebesar 50,5% kemudian hubungan iklim sekolah dengan kinerja guru juga menghasilkan pengaruh positif sebesar 49,9% serta hubungan antara konsep diri dan iklim sekolah dengan kinerja guru secara simultan memiliki hubungan positif sebesar 53,9%. Peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Pandeglang secara signifikan dapat meningkatkan kualitas diri seorang guru dan iklim sekolah dengan mendorong mereka untuk mengembangkan, mengeksplorasi dan menganalisis informasi tentang dirinya dan hubungan kerjasama secara mendalam. Konsep diri dan iklim sekolah sangat erat kaitannya dengan kinerja guru. Dengan kata lain, kinerja guru sangat ditentukan oleh konsep diri dan iklim sekolah. sehingga berpengaruh terhadap kualitas kinerja guru, serta pengembangan konsep diri guru dan iklim disekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Konsep Diri, Iklim Sekolah, dan Kinerja guru |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 12 Mar 2025 02:49 |
Perubahan Terakhir: | 12 Mar 2025 02:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16578 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |