Nurnaesih, Nurnaesih (2024) Sistem Pengajaran Pondok Pesantren dalam Membina Keterampilan Keagamaan Santri (Studi Komparatif antara Pondok Pesantaren Riyadhul 'Awamil dengan Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Kota Cilegon Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_222621227_Cover.pdf Download (162kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621227_Lampiran Depan.pdf Download (802kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621227_BAB I.pdf Download (324kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621227_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (483kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621227_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (307kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621227_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (746kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621227_BAB V.pdf Download (153kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621227_Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) |
Abstrak
Problema yang terjadi di lembaga pondok pesantren Banten saat ini adalah rendahnya keterampilan keagamaan santri akibat sistem pengajaran yang tidak diikuti dengan baik. Berdasar observasi awal, diketahui kebanyakan guru mengajar tidak sesuai dengan kaidah yang ditetapkan oleh pesantren. Hal ini tentunya akan sangat berdampak pada rendahnya kompetensi santri sebagai calon guru maupun penerus para ulama dimasa depan maupun mutu pendidikan Islam. Oleh karenanya, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa lebih mandalam terkait sistem pengajaran pondok pesantren salafi dan modern (khalafi) dalam upaya membina keterampilan keagamaan santri.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan komparatif. Jenis data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data mengacu pada teori Miles & Huberman, dengan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1). Sistem pengajaran Pondok Pesantren Salafi Riyadhul „Awamil dalam membina keterampilan keagamaan santri mengacu pada desain kurikulum tersebunyi. Proses pengajaran dilakukan dengan menggunakan metode pengajaran bandongan dan sorogan. Adapun dalam membina keterampilan keagamaan dilakukan melalui keteladanan, pembiasaan, dan nasehat-nasehat dari kyai. 2) Sistem pengajaran Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah dalam membina keterampilan keagamaan santri mengacu pada desain kurikulum terpadu. Proses pengajaran dilakukan dengan menggunakan metode pengajaran klasikal. Adapun dalam membina keterampilan keagamaan dilakukan secara terstruktur melalui program amaliyah tadris sesuai dengan program dari kurikulum yang digunakan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | sistem pengajaran, pondok pesantren, keterampilan keagamaan |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
| Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 12 Mar 2025 02:11 |
| Perubahan Terakhir: | 12 Mar 2025 03:40 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16563 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
