Nuraeni, Intan (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bhineka Tunggal Ika dalam Menanamkan Nilai Toleransi Beragama Siswa di SMAN 1 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PAI_201210043_cover.pdf Download (54kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210043_lampiran depan.pdf Download (357kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210043_BAB I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210043_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (271kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210043_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (134kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210043_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (208kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210043_BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210043_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila tema bhineka tunggal ika dalam menanamkan nilai toleransi beragama siswa. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya nilai toleransi dalam lingkungan pendidikan, terutama di tengah keberagaman siswa yang berbeda agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa projek ini berhasil menanamkan nilai toleransi beragama siswa melalui kegiatan diskusi di kelas dan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) agar siswa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menghargai perbedaan agama dan budaya. Faktor pendukung yaitu sekolah dan guru mendukung kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila, sedangkan faktor penghambat berasal dari waktu karena kegiatan ini terpisah dari pembelajaran , biaya kegiatan projek, dan siswa. Dampak dari projek ini sangat positif, yaitu meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga keberagaman budaya dan toleransi beragama. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila efektif dalam menanamkan sikap toleransi beragama dan membangun karakter siswa yang menghargai perbedaan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I : rs. H. M. Luthfi, M.Ag. Pembimbing II: Asep Syahrul Mubarok, M.Ag. |
Kata Kunci (keywords): | Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Toleransi Beragama Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 19 Feb 2025 06:19 |
Perubahan Terakhir: | 19 Feb 2025 06:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16417 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |