Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 1 Kota Serang dan SMP Negeri 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2024/2025)

Cahyawati, Ita (2025) Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 1 Kota Serang dan SMP Negeri 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2024/2025). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_222621109_Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Teks
T_PAI_222621109_Lampiran Depan.pdf

Download (559kB)
[img] Teks
T_PAI_222621109_BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Teks
T_PAI_222621109_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img] Teks
T_PAI_222621109_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (179kB)
[img] Teks
T_PAI_222621109_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (909kB)
[img] Teks
T_PAI_222621109_BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Teks
T_PAI_222621109_Daftar Pustaka.pdf

Download (387kB)

Abstrak

Penguatan Profil Pelajar Pancasila harus dapat dioptimalkan melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 5 Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 5 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan tiga siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes untuk mengevaluasi pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 0% pada pra-siklus menjadi 100% pada siklus III. Selain itu, model ini berhasil menanamkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, keadilan, dan tanggung jawab. Kemudian, dengan memahami faktor pendorong dan penghambat ini, sekolah dapat merumuskan strategi yang lebih baik untuk mengoptimalkan penerapan model Reciprocal Teaching dalam mendukung penguatan Profil Pelajar Pancasila. model Reciprocal Teaching efektif dalam mencapai tujuan pendidikan, serta berkontribusi pada penguatan karakter siswa sebagai pelajar Pancasila. Rekomendasi diberikan untuk penerapan lebih luas dari model ini di sekolah lain dan pelatihan bagi guru dalam implementasinya. Pengoptimalan model Reciprocal Teaching dapat memberikan dampak positif dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 dan 5 Kota Serang serta sekolah lainnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): PAI, Profil Pelajar Pancasila, Reciprocal Teaching
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Feb 2025 03:26
Perubahan Terakhir: 14 Feb 2025 03:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16380

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.