Adnan, Adnan (2025) Strategi Kepemimpinan Kyai dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru dan Mutu Pendidikan (Studi Lapangan di Pondok Pesantren Nurul Muhtadin Tigamaya Waringin Kurung). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
T_MPI_222625246_Cover.pdf Download (98kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625246_Lampiran Depan.pdf Download (554kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625246_Bab I.pdf Download (330kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625246_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (559kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625246_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (265kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625246_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (329kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625246_Bab V.pdf Download (91kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625246_Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) |
Abstrak
Kepemimpinan seorang kyai adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Diperlukan strategi yang tepat dari seorang kyai untuk mendorong perubahan yang bertujuan mengembangkan profesionalisme guru dan meningkatkan kualitas pendidikan di pondok pesantren. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana Strategi kepemimpiann kyai dalam mengembangkan profesionalitas guru di pondok pesantren 2. Bagaimana strategi kyai dalam mengembangkan mutu Pendidikan di pondok pesantren 3. Bagaimana strategi kyai dalam mengembangkan profesionalitas dan mutu Pendidikan secara Bersama-sama di pondok pesantgren Nurul Muhtadin Tigamaya Waringinkurung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, Observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Strategi kyai dalam mengembangkan profesionalitas guru dengan cara: pendekatan demokratis (spiritual), pemberdayaan dan pengembangan kompetensi, , penghargaan dan pengakuan, monitoring dan evaluasi berkala, penguatan jaringan dan Kerjasama eksternal, penyediaan fasilitas dan sumber daya. 2. Srategi Kyai dalam mengembangkan mutu pendidikan yaitu dengan cara: meningkatkan Mutu pendidikan yang diukur dari input, proses, dan output. Kualitas Input yang diukur berdasarkan kriteria penerimaan siswa, sedangkan kualitas proses meliputi factor-faktor seperti manajemen, standar pembelajaran, fasilitas, dan proses belajar mengajar. Kualitas output diukur dari hasil proses pendidikan atau penerimaan lulusan ke dalam bidang tertentu. 3 strategi kyai dalam mengembangkan profesioanalitas guru dan mutu Pendidikan secara Bersama-sama yaitu: Teladan Kepemimpinan (Uswatun hasanah), Penguatan Nilai-nilai Pesantren, pengembangan kompetensi Guru, supervisi dan evaluasi, penyediaan sarana dan prasarana.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi, kepemimpinan kyai, profesionalitas guru, mutu pendidikan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 12 Feb 2025 02:26 |
Perubahan Terakhir: | 12 Feb 2025 02:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16342 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |