Pengaruh Film Animasi Riko The Series dalam Mengembangkan Kemampuan Empati Anak di RA Daaruttaqwa kelompok B

Daulay, Nada Isrina (2025) Pengaruh Film Animasi Riko The Series dalam Mengembangkan Kemampuan Empati Anak di RA Daaruttaqwa kelompok B. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_201260017_Cover.pdf

Download (141kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260017_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260017_BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260017_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (818kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260017_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (895kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260017_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260017_BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260017_Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi riko the series terhadap perkembangan empati anak di RA Daaruttaqwa desa silebu, film animasi merupakan salah satu media pembelajaran yang menyenangkan serta memudahkan anak menyerap informasi yang disampaikan di dalam film, namun minimnya penerapan media film animasi menjadikan kemampuan empati anak di RA Daaruttaqwa belum berkembang secara optimal. Diperlukannya upaya untuk memperbaiki perkembangan empati anak agar berkembang secara optimal sesuai dengan usianya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre eksperimental dan bentuk desainnya one group pretest-posttest design, dengan tekhnik pengumpulan data observasi dan instrumen observasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan empati anak saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dapat dilihat dari rata-rata data sebelum diberikan perlakuan yakni sebesar 35.31% yaitu masuk kedalam kategori sedang dalam tabel kategorisasi, dan nilai rata-rata sesudah diberikan perlakuan yaitu sebesar 43.81% masuk kedalam kategori tinggi dalam tabel kategorisasi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan film animasi terhadap perkembangan empati anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Empati, Film Animasi, Perkembangan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2025 09:00
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2025 09:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16325

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.