Damayanti, Rika (2025) Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Islami di RA Al-Hikmah Desa Kadubungbang Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PIAUD_171260038_Cover.pdf Download (212kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_171260038_Lampiran Depan.pdf Download (472kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_171260038_BAB I.pdf Download (106kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_171260038_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (443kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_171260038_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (199kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_171260038_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (294kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_171260038_BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_171260038_Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai agama dan moral anak, yaitu bagaimana penerapaan metode cerita islami serta untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 24 Maret 2021 hingga tanggal 10 Juni 2021 di RA Al-Hikmah desa kadubungbang. Objek penelitian adalah siswa RA Al-Hikmah kelompok B2, guru dan kepala sekolah, dan orang tua siswa kelompok B2 dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyampaian metode cerita secara langsung guru yaitu terlebih dahulu menetapkan rancangan atau langkah-langkah yang harus di lalui dalam bercerita, mengkomunikasikan tujuan dan tema, mengatur tempat duduk, melakukan pembukaan cerita, menetapkan rancangan cara bertutur kata yang dapa menggetarkan perasaan anak dan menutup kegiatan cerita dengan mengajukan pertanyaan. Peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak yaitu sebagai pendidik/pengajar, sebagai sumber belajar/fasilitator, sebagai teladan, sebagai motivator dan sebagai evaluator. Dalam menanamkan nilai agama dan moral pembelajaran ditanamkan dengan baik terutama pada dasar-dasar atau yang sehari-hari dipakai. Hal ini juga dilakukan oleh guru melalui pembiasaan yang dilakukan sehari-hari untuk penanaman nilai agama dan moral nya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | peran guru, nilai agama dan moral, anak usia dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 10 Feb 2025 03:58 |
Perubahan Terakhir: | 10 Feb 2025 03:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16320 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |