Implementasi Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD/MI (Kualitatif di Kelas V SDN Mandalawangi 1 Kecamatan Mandalawangi Kota Pandeglang).

Munah, Sari (2025) Implementasi Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD/MI (Kualitatif di Kelas V SDN Mandalawangi 1 Kecamatan Mandalawangi Kota Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240037_COVER.pdf

Download (265kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240037_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (840kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240037_BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240037_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (395kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240037_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (282kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240037_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (313kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240037_BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240037_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran tematik tema 7 subtema 2 tentang proklamasi serta memperkenalkan nilai-nilai budaya melalui implementasi permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran di kelas V SD/MI. Penelitian dilakukan di SDN Mandalawangi 01 dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi tematik. Permainan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif tetapi juga meningkatkan keterampilan motorik, keterampilan sosial, dan minat belajar siswa. Kolaborasi antara guru dan siswa dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif juga terbukti penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Implementasi permainan engklek membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan meningkatkan antusiasme mereka dalam belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi. Permainan Tradisional, Engklek, Tematik
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 07 Feb 2025 04:13
Perubahan Terakhir: 07 Feb 2025 04:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16303

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.