Fauzi, Daniel Ardityansyah (2025) Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_ES_201410134_Cover.pdf Download (156kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410134_Lampiran Depan.pdf Download (774kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410134_Bab I.pdf Download (291kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410134_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (568kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410134_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (278kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410134_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (391kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410134_Bab V.pdf Download (147kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410134_Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
Abstrak
Nilai perusahaan industri manufaktur di sektor barang konsumsi yang diukur menggunakan price to book value (PBV) menurun dari tahun 2020 sampai 2023. Nilai perusahaan yang rendah mengindikasikan bahwa transparasi dan tata kelola perusahaan yang baik pada industri manufaktur di sektor barang konsumsi yang terdaftar di ISSI masih rendah. Ada beberapa faktor yang terindikasi mampu mempengaruhi nilai perusahaan, yaitu islamic social reporting (ISR), dan good corporate governance (GCG). Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh islamic social reporting, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dan komite audit terhadap nilai perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di ISSI tahun 2020-2023 secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh islamic social reporting, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dan komite audit terhadap nilai perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2020-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di ISSI. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa islamic social reporting berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05). GCG tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan, yang diukur melalui kepemilikan manajerial dengan nilai signifikansi sebesar 0,570, kepemilikan institusional dengan nilai signifikansi sebesar 0,409, dewan komisaris independen dengan nilai signifikansi sebesar 0,338, dan komite audit dengan nilai signifikansi sebesar 0,421 yang artinya lebih besar dari 0,05. Adapun hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa islamic social reporting, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen dan komite audit berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan signifikansi 0,049 < 0,05.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Islamic social reporting, good corporate governance, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komita audit, nilai perusahaan |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.6 Investasi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 05 Feb 2025 06:15 |
Perubahan Terakhir: | 05 Feb 2025 06:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16271 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |