Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI Materi Menghindari Akhlak Mazmumah (Tercela) dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas X di SMKN 8 Kota Tangerang Selatan

Ikrom, Syahid M (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI Materi Menghindari Akhlak Mazmumah (Tercela) dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas X di SMKN 8 Kota Tangerang Selatan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210067_Cover.pdf

Download (336kB)
[img] Teks
S_PAI_201210067_Lampiran Depan.pdf

Download (840kB)
[img] Teks
S_PAI_201210067_BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Teks
S_PAI_201210067_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (580kB)
[img] Teks
S_PAI_201210067_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (245kB)
[img] Teks
S_PAI_201210067_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
S_PAI_201210067_BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Teks
S_PAI_201210067_Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi menghindari akhlak mazmumah di SMKN 8 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah ini melibatkan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan proyek berbasis aktivitas nyata, yang memberikan pengalaman belajar kontekstual kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai moral untuk menghindari akhlak mazmumah dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung utama implementasi ini adalah dukungan penuh dari sekolah dan komitmen guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan siswa. Namun, faktor penghambatnya termasuk keberagaman kemampuan siswa dan keterbatasan waktu yang mengurangi kesempatan guru dalam memperdalam materi. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan lanjutan bagi guru terkait teknologi dalam pembelajaran, penambahan alokasi waktu untuk pembelajaran PAI, serta peningkatan fasilitas teknologi untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Mazmumah (Tercela)
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.24 Akademi, Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Feb 2025 03:39
Perubahan Terakhir: 04 Feb 2025 03:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16248

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.