Nurfitrian, Nurfitrian (2025) Evaluasi Model Responsive terhadap Program Jumanji (Jum’at Mengaji) Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SKh Elmyra Shanum Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PAI_201210047_Cover.pdf Download (282kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210047_Lampiran Depan.pdf Download (771kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210047_BAB I.pdf Download (230kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210047_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (359kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210047_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (181kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210047_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (349kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210047_BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210047_Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Jum’at Mengaji bagi anak berkebutuhan khusus di SKh Elmyra Shanum, Kota Serang. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program yang bertujuan mengenalkan huruf Hijaiyah, membaca Al-Qur’an dan mengembangkan aspek sosial dan spiritual siswa, yang selama ini belum pernah dievaluasi secara formal. Metode penelitian yang digunakan adalah evaluatif dengan model responsive dan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Evaluasi program dilakukan pada tiga aspek utama, yaitu: antecedent (perencanaan), transaction (pelakasanaan), dan output (hasil). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek antecedent, perencanaan program telah relevan dengan kebutuhan anak melalui identifikasi awal bersama orang tua, dengan dukungan guru berpengalaman dalam pendidikan agama dan guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Pada aspek transaction, pelaksanaan program menggunakan metode yang fleksibel, seperti metode tilawati, metode Ummi, dan pendekatan individual. Interaksi antara guru dan siswa juga terjalin positif, yang mendukung keterlibatan aktif anak dalam kegiatan. Pada aspek output, ditemukan bahwa dua dari lima anak berhasil mencapai tujuan utama program, sedangkan tiga anak lainnya menunjukkan perkembangan positif dalam aspek emosional dan perilaku. Program Jum’at Mengaji di SKh Elmyra Shanum memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah, pembacaan Al-Qur’an, serta perkembangan emosional dan kesadaran spiritual anak berkebutuhan khusus.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Evaluasi Model Responsive, Program Jum’at Mengaji, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 04 Feb 2025 03:20 |
Perubahan Terakhir: | 04 Feb 2025 03:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16247 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |