Taqwa, Muhammad (2025) Pengaruh Literasi Digital Guru PAI Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Pondok Pesantren Daar El-Quuro, Desa Renged, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PAI_171210088_Cover.pdf Download (5MB) |
![]() |
Teks
S_PAI_171210088_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Teks
S_PAI_171210088_BAB I.pdf Download (603kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_171210088_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (668kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_171210088_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (559kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_171210088_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (654kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_171210088_BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_171210088_Daftar Pustaka.pdf Download (407kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital guru PAI terhadap hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ponpes Daar El-Qurro. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu survey, deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu Survei Kuesioner dan Wawancara . Teknik analisi data yang digunakan yaitu penelitian korelasional yaitu Product Moment. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat berguna baik secara teoretis maupun praktis bagi semua pihak. Kesimpulan hasil perhitungan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) antara literasi digital seorang guru (X) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023 (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan dan hubungan yang kuat antara keduanya. Terbukti 0,99 rhitung > 0,159 rtabel. Hal ini juga diperkuat oleh hasil rhitung Pearson Correlation (product moment) dalam analisis ini bernilai positif, maka pengaruh antara kedua variabel tersebut bersifat positif atau dengan kata lain semakin baik tingkat literasi digital seorang guru maka semakin baik hasil belajar siswa dan siswi yang di dapatkan. Penggunaan dari perkembangan teknologi informasi dalam sistem pendidikan merupakan bentuk kemajuan bagi para tenaga pendidik dan para siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga pentingnya kemampuan literasi seorang tenaga pendidik dalam menyediakan media pembelajaran berdasarkan pemahaman yang baik terhadap pemahaman cara, fungsi, dan tujuan dalam peningkatan hasil proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Dapat dijadikan bahan pertimbangan dan sebagai bahan referensi tambahan lebih baik kedepannya dalam menyusun program pembelajaran serta menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk mengetahui pemahaman siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | literasi digital, hasil belajar siswa,product moment |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jan 2025 10:48 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jan 2025 10:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16203 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |