Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Efficacy Santri dalam Menghafal Al-Qur’an

Al Azam, Rizqi (2025) Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Efficacy Santri dalam Menghafal Al-Qur’an. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520053_Cover.pdf

Download (139kB)
[img] Teks
S_BKI_201520053_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520053_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520053_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520053_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520053_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520053_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520053_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Menghafal Al-Qur’an merupakan program yang umum dijumpai hampir disetiap Pondok Pesantren. Para santri yang berada di lingkungan Pondok Pesantren dengan program hafalan Al-Qur’an diharuskan menghafal Al-Qur’an dengan mencapai target hafalan. Namun, pada prosesnya menghafal Al-Qur’an tidaklah semudah itu, terutama bagi santri yang memiliki self efficacy pada kategori rendah yang umumnya terlihat kurang bersemangat dalam menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu, diperlukannya sebuah dukungan sosial dengan harapan menumbuhkan kembali semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti menuliskan rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana gambaran dukungan sosial dalam menghafal Al-Qur’an? 2) Bagaimana gambaran self efficacy santri dalam menghafal Al-Qur’an? 3) Bagaimana hubungan dukungan sosial dengan self efficacy santri dalam menghafal Al-Qur’an? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran dukungan sosial dalam menghafal Al-Qur’an. 2) Untuk mengetahui gambaran Self Efficacy santri dalam menghafal Al-Qur’an. 3) Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan self efficacy santri dalam menghafal Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode korelasi yang digunakan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan self efficacy santri dalam menghafal Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi yang dilakukan kepada santri Pondok Pesantren Darussalam Pipitan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-September dengan jumlah sampel sebesar 44 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gambaran dukungan sosial dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan berada pada kategori tinggi diantaranya: antar sesama teman saling memberikan semangat, kemudian mereka juga dapat mengandalkan teman-temannya dan saling berbagi tips dalam menghafal Al-Qur’an. 2) Gambaran Self efficacy santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan ini berada pada kategori rendah diantaranya: meskipun santri tidak mudah menyerah dalam menghafal Al-Qur’an, namun mereka hanya menghafal saat di waktu senggang, saat memiliki mood yang bagus dan masih banyak santri merasa hafalannya kurang jika dibandingkan dengan orang lain. 3) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan self efficacy santri dalam menghafal Al-Qur’an yang ditunjukkan dengan nilai korelasi Product Moment Pearson sebesar 0,500 > 0,297. Artinya jika dukungan sosial meningkat, self efficacy juga ikut meningkat dan begitu pula sebaliknya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dukungan Sosial, Self Efficacy, Hafalan Al-Qur’an
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Jan 2025 03:59
Perubahan Terakhir: 21 Jan 2025 04:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16137

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.