Pengaruh Pola Pendidikan Pesantren dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Fiqih Santri (Penelitian Pada Santri Kelas IX di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2 Gintung, Jayanti, Tangerang, Banten)

HAMZAH, SARIPUDIN (2018) Pengaruh Pola Pendidikan Pesantren dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Fiqih Santri (Penelitian Pada Santri Kelas IX di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2 Gintung, Jayanti, Tangerang, Banten). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER BUKU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (598kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
4 ABSTRAK BUKU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (347kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
1 BAB I syarif FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (643kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
2 BAB II Syarif update 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
3 BAB III syarif.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (542kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
5 BAB V syarif.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
6 DAFTAR PUSTAKA SYARIFUDIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (117kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BIOGRAFI PENULIS)
7 BIOGRAFI PENULIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (122kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, meneliti, dan merumuskan pengaruh Pola Pendidikan Pesantren (X 1 ) dengan Hasil Belajar Fiqih Santri (Y), Pengaruh Perhatian Orang Tua (X 2 ) dengan Hasil Belajar Fiqih Santri (Y), dan Pengaruh Pola Pendidikan Pesantren (X 1 ) dan Perhatian Orang Tua (X 2 ) secara bersama - sama dengan Hasil Belajar Fiqih Santri (Y) di Pondok Pesantren Daar el - Qolam 2 Gintung, Tangerang Banten. Hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat pengaruh positif Pola Pendidikan Pesantren Terha dap Hasil Belajar Fiqih Santri , (2) terdapat Pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Fiqih Santri , dan (3) terdapat Pengaruh Positif Pola Pendidikan Pesantren dan Perhatian Orang Tua secara bersama - sama dengan Hasil Belajar Fiqih Santri . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Dengan populasinya adalah santri Kelas IX Pondok Pesantren Daar el - Qolam 2, Gintung, Jayanti, Tangerang, Banten. Sampelnya berjumlah 80 orang santri yang yang diambil dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana ( Simple Random Sampling ). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah Dokumentasi dan angket/instrumen model Likert . Keterangan dalam semua instrumen dihitung dengan rumus Product Moment Pearson dan Alpha - Cronbac h . Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial, kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan statistika korelasi sederhana, parsial ganda dan regresi sederhana serta ganda, yang proses analisisnya dilakukan dengan bantuan program komputer S PSS. Versi 2 2 . 0. Pengaruh Pola Pendidikan Pesantren Pengaruh Pola Pendidikan Pesantren (X 1 ) dengan Hasil Belajar Fiqih (Y) adalah positif dan signifikan, dengan r y1 = 0,228 pada taraf alpha 5 % yang menunjukkan korelasi cukup. Pengertian positif bahwa jika Pola Pendidikan Pesantren naik maka Hasil Belajar Fiqih akan meningkat, dan demikian pula sebaliknya jika Tingkat Pendidikan Orang Tua turun atau rendah, maka Hasil Belajar Fiqih akan menurun pula. Signifikan artinya nyata - nyata 95 % terjadi pada popul asi. Korelasi parsial antara X 1 dan Y dianggap konstan ,didapat nilai r y1.2 = 0,236 yang berarti korelasi parsialnya signifikan . Sementara itu koefisien determinasi atau kontribusi r 2 = 55,2 % variasi Hasil Belajar Fiqih dapat dijelaskan oleh Pola Pend idikan Pesantren. Pengaruh Perhatian Orang Tua (X 2 ) dengan Hasil Belajar Fiqih (Y) adalah positif dan signifikan, dengan r y2 = 0,022 pada taraf alpha 5 % yang menunjukkan korelasi rendah. Pengertian positif bahwa jika perhatian orang tua naik maka Hasil Belajar Fiqih akan meningkat, dan demikian pula sebaliknya jika perhatian orang tua turun, maka Hasil Belajar Fiqih akan menurun pula. Signifikan artinya nyata - nyata terjadi 95 % pada populasi dengan pengaruhnya yang rendah. Korelasi parsial antara X 2 dan Y dengan X 1 dianggap konstan, didapat nilai r y2.1 = 0,022 yang berarti korelasi parsialnya signifikan. Sementara itu koefisien determinasi atau kontribusi r 2 = 2,2 % variasi Hasil Belajar Fiqih dapat dijelaskan oleh Perhatian Orang Tua. Pengaruh Pola Pend idikan Pesantren (X 1 ) dan Perhatian Orang Tua (X 2 ) secara bersama - sama dengan Hasil Belajar Fiqih (Y) adalah positif dan signifikan, dengan R y.12 = 0,56 pada taraf alpha 5 % yang menunjukkan korelasi tinggi. Pengertian positif bahwa jika Pola Pendidikan Pesantren dan Perhatian Orang Tua secara bersama - sama naik, maka Hasil Belajar Fiqih akan meningkat. Demikian pula sebaliknya, jika Pola Pendidikan Pesantren dan Perhatian Orang Tua secara bersama - sama turun, maka Hasil Belajar Fiqih akan menurun pula. Si gnifikan artinya nyata - nyata 95 % terjadi pada populasi dengan Pengaruhnya yang kuat. Sementara itu koefisien determinasi atau kontribusi R 2 = 56,0 % variasi Hasil Belajar Fiqih dapat dijelaskan oleh Pola Pendidikan Pesantren dan Perhatian Orang Tua secara bersama - sama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): HASIL BELAJAR FIQIH
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2018 02:09
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2018 02:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.