Pengembangan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran IPAS Materi Wujud Zat dan Perubahannya

Ningsih, Aini Amalia (2024) Pengembangan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran IPAS Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240099_Cover.pdf

Download (195kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240099_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240099_Bab I.pdf

Download (252kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240099_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (424kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240099_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (671kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240099_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240099_Bab V.pdf

Download (122kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240099_Daftar Pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan Monopoli untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya materi wujud zat dan perubahannya. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan. Proses pengembangan dimulai dari analisis kurikulum dan kebutuhan, desain media menggunakan Canva, validasi ahli, dan pelaksanaan uji coba kelompok kecil dan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan Monopoli yang dikembangkan efektif meningkatkan pemahaman siswa. Validasi ahli menunjukkan media ini layak digunakan, dengan rata-rata persentase kelayakan di atas 85%. Pemahaman siswa meningkat secara signifikan, dengan nilai rata-rata pre-test 44,61 (ketuntasan 0%) dan post-test 76,71 (ketuntasan 63%). Media permainan monopoli terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi wujud zat dan perubahannya. Media permainan monopoli diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang akan digunakan guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah memperluas penggunaan media ini pada mata pelajaran lain dan menguji keefektifannya pada berbagai jenjang pendidikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Monopoli game, media pembelajaran, pembelajaran IPAS
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 12 Des 2024 07:40
Perubahan Terakhir: 12 Des 2024 07:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15980

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.