Efektivitas Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMAN 1 dan SMKN 2 Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten)

Asih, Nia Sekar (2024) Efektivitas Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMAN 1 dan SMKN 2 Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_212621031_Cover.pdf

Download (120kB)
[img] Teks
T_PAI_212621031_Lampiran Depan.pdf

Download (831kB)
[img] Teks
T_PAI_212621031_BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Teks
T_PAI_212621031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (715kB)
[img] Teks
T_PAI_212621031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (342kB)
[img] Teks
T_PAI_212621031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (800kB)
[img] Teks
T_PAI_212621031_BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Teks
T_PAI_212621031_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Permasalahan peserta didik di SMA Kabupaten Lebak Provinsi Banten saat ini tidak jauh berbeda dengan masalah sehari-hari yang sedang terjadi. Penggunaan bahasa kasar dan kotor di lingkungan sekolah menambah nilai kemerosotan akhlak siswa. Di samping itu, implementasi pembelajaran di sekolah cenderung memisahkan antara satu mapel dengan mapel lainnya. Khususnya pembelajaran PAI, jumlah jam yang hanya tiga jam dalam seminggu tidak cukup mengatasi permasalahan akhlak di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas penanaman nilai-nilai akhlak peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 dan SMKN 2 Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten, upaya penanaman nilai-nilai akhlak peserta didik serta faktor-faktor yang memengaruhi penanaman nilai-nilai akhlak peserta didik. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu deskriptif. Pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah pengamatan, angket, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI di SMAN 1 dan SMKN 2 Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten dengan sampel penelitian 58 orang dari setiap sekolah, serta guru yang mengampu mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam berpengaruh efektif atau memberi kontribusi terhadap penanaman nilai-nilai akhlak baik di SMAN 1 maupun SMKN 2 Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Adapun upaya penanaman nilai-nilai akhlak meliputi mendidik anak secara non verbal dan menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang baik dan bersih dari unsur-unsur perbuatan amoral. Faktor pendukung penanaman akhlak di kedua sekolah tersebut yaitu dengan memposisikan diri seorang guru sebagai uswatun hasanah bagi peserta didiknya, sedangkan faktor penghambat dari kedua sekolah tersebut lebih mengarah pada aspek keluarga, lingkungan, dan pergaulan peserta didik yang terbawa sampai ke sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Des 2024 04:03
Perubahan Terakhir: 04 Des 2024 04:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15880

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.