Utami, Sri Yulia (2024) Penerapan Media Kartu Bergambar Kalimat Toyyibah untuk Menanamkan Regulasi Emosional Anak di RA Al-Hikmah Cikeusal Kabupaten Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PIAUD_201260046_Cover.pdf Download (81kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260046_Lampiran Depan.pdf Download (595kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260046_Bab I.pdf Download (236kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260046_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (338kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260046_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (113kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260046_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (616kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260046_Bab V.pdf Download (91kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260046_Daftar Pustaka.pdf Download (146kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya anak yang belum bisa dalam mengendalikan, dan mengekspresikan regulasi emosionalnya dengan kalimat dan pembiasaan yang baik dan tepat, dan diterapkan dalam penerapan media kartu bergambar kalimat toyyibah untuk menanamkan regulasi emosional ana dalam perspektif al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji regulasi emosional menurut perspektif Al-Qur'an, penerapan media kartu bergambar kalimat toyyibah dalam menanamkan regulasi emosional anak, dan faktor pendukung dan penghambat penerapan media kartu bergambar kalimat toyyibah dalam menanamkan regulasi emosional anak dalam perspektif Al-Qur’an di RA Al-Hikmah Cikeusal Kabupaten Serang Banten. Manfaat dari penelitian ini adalah peningkatan mutu pendidikan di RA Al-Hikmah Cikeusal Kabupaten Serang Banten pada penanaman regulasi emosional anak, dan dijadikan acuan, sumber informasi dan bahan referensi penelitian selanjutnya agar bisa lebih dikembangkan dalam materi-materi yang lainnya untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Metode penelitian yang di gunkan yaitu kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahap diantaranya: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu bergambar kalimat toyyibah menjadi metode yang efektif untuk menanamkan regulasi emosional pada anak-anak. Melalui visualisasi yang menarik dan interaktif, anak-anak diajarkan merespon emosi negatif dengan kalimat toyyibah seperti Alhamdulillah, Subhanallah, dan Astaghfirullah. Penggunaan kalimat-kalimat ini membantu anak-anak menginternalisasi nilai-nilai positif yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti rasa syukur dan kesabaran. Simpulannya yaitu strategi yang diberikan guru kepada anak masih perlu ditingkatkan lagi supaya anak tidak merasa jenuh dan bosan. Dan guru harus mengikuti pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar mengenai penanaman regulasi emosional anak melalui penerepan media kartu bergambar kalimat toyyibah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Regulasi emosional, Al-Qur'an, kalimat toyyibah, anak-anak, media pembelajaran |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 16 Des 2024 04:47 |
Perubahan Terakhir: | 16 Des 2024 04:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15860 |
Actions (login required)
Lihat Item |