Asyiah, Euis (2024) Pengaruh Service Marketing Triangle dan Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Ziswaf terhadap Program Pendidikan (Studi Kasus di Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur – Bogor). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_MPI_222625233_Cover.pdf Download (72kB) |
|
Teks
T_MPI_222625233_Lampiran Depan.pdf Download (656kB) |
|
Teks
T_MPI_222625233_BAB I.pdf Download (421kB) |
|
Teks
T_MPI_222625233_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (763kB) |
|
Teks
T_MPI_222625233_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (469kB) |
|
Teks
T_MPI_222625233_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (537kB) |
|
Teks
T_MPI_222625233_BAB V.pdf Download (160kB) |
|
Teks
T_MPI_222625233_Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) |
Abstrak
Tingginya angka putus sekolah dan keterbatasan akses pendidikan berkualitas menjadi tantangan serius dalam sistem pendidikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Permasalah utama yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya keuangan, dimana kemiskinan menjadi penghambat bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam menghadapi permasalahan tersebut, konsep Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) muncul sebagai sumber pembiayaan potensial untuk membiayai kebutuhan operasional Lembaga Pendidikan secara berkelanjutan. Selain itu, penerapan konsep Service Marketing Triangle juga dianggap penting dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan melalui interaksi antara penyelenggara, pengajar dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Service Marketing Triangle dan Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis ZISWAF terhadap Program Pendidikan di Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur – Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif yang diperdalam dengan Path Analysis dan diteliti hubungan antarvariabel. Pengumpulan data dengan pendistribusian angket/kuesioner, wawancara dan studi dokumen. Data yang didapat diolah dengan uji statistic dan instrument penelitian diuji validitas dengan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji autokorelasi, uji multikoliniearitas dan uji heteroskedastisitas dengan jumlah Populasi sebanyak 157 orang dan penentuan jumlah sampel menggunakan formula Isaac-Michael sehingga diperoleh sampel sebanyak 113 orang yang terdiri Pengurus Yayasan, Pendidikan, Tenaga Kependidikan dan Donatur. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa Service Marketing Triangle berpengaruh langsung terhadap Program Pendidikan, nilai pengaruhnya sebesar 69,3% kategori moderat, terdapat pengaruh langsung Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis ZISWAF terhadap Program Pendidikan sebesar 33,6% kategori lemah, dan terdapat pengaruh Service Marketing Triangle dan Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis ZISWAF secara simultan terhadap Program Pendidikan dengan total pengaruh sebesar 77,5% kategori kuat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Service Marketing Triangle, Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf, Program Pendidikan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan > 379.1 Anggaran Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Nov 2024 03:15 |
Perubahan Terakhir: | 29 Nov 2024 03:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15838 |
Actions (login required)
Lihat Item |