Azmi, Ihsanul (2024) Tradisi Pembacaan Zikir Asma Badar Karya Abuya Dimyathi Di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang Kota Serang (Kajian Living Qur’an). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_IAT_201320032_COVER.pdf Download (402kB) |
|
Teks
S_IAT_201320032_LAMPRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Teks
S_IAT_201320032_BAB I.pdf Download (465kB) |
|
Teks
S_IAT_201320032_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (701kB) |
|
Teks
S_IAT_201320032_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (295kB) |
|
Teks
S_IAT_201320032_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (707kB) |
|
Teks
S_IAT_201320032_BAB V.pdf Download (288kB) |
|
Teks
S_IAT_201320032_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
Abstrak
Skripsi ini akan membahas tentang tradisi pembacaan zikir Asma Badar di Ponpes Daarul Falah Ciloang Kota Serang. Asma Badar karangan Abuya Dimyati adalah sebuah kitab yang berisi nama-nama para syuhada dari Perang Badar. Kitab ini ditulis oleh KH Muhammad Dimyati, yang lebih dikenal sebagai Abuya Dimyati, seorang ulama karismatik dari Pesantren Cidahu, Banten. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Bagaimana praktik tradisi pembacaan zikir Asma Badar karya Abuya Dimyati di pondok pesantren Daarul Falah Ciloang, Kota Serang? Bagaima persepsi masyarakat di Pondok Pesantren Daarul Falah terhadap tradisi pembacaan zikir Asma Badar ?. Dalam penelitian ini, jenis metode yang dijalankan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berfokus pada data-data lapangan yang terkait dengan subjek penelitian ini. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, di mana penelitian ini menggambarkan sejumlah variabel yang terkait dengan permasalahan dan unit penelitian. Setelah itu, pendekatan etnografi digunakan sebagai pendekatan utama, yaitu pendekatan yang diimplementasikan untuk menjelaskan budaya atau aspek-aspek budayanya. Dalam konteks operasional pendekatan etnografi, penulis mengadopsinya untuk mengungkapkan pandangan dan makna terkait dengan praktik kegiatan "living Qur'an" dalam pembacaan zikir Asma Badar yang dilakukan di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang, Kota Serang. Sumber yang digunakan dalam penyelidikan ini terdiri dari sumber primer dan sekunder. Sumber primer melibatkan observasi langsung di lokasi penelitian, yaitu di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang, Kota Serang. Sedangkan sumber sekundernya melibatkan penggunaan dokumentasi dan data arsip yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa : 1) Praktik pembacaan Zikir Asma Badar di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap malam Jumat. Kegiatan ini dilaksanakan secara berjamaah dan dipimpin oleh santri pengurus bagian kurikulum dimulai setelah Isya. 2) Pembacaan zikir Asma Badar di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang memiliki berbagai makna penting. Bagi santri, zikir ini berfungsi sebagai perantara untuk bertawassul dan memohon hajat kepada Allah SWT, mendekatkan diri kepada-Nya, serta meningkatkan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Mereka percaya bahwa zikir ini dapat melindungi diri dari berbagai bahaya, baik lahir maupun batin, menghindarkan dari keburukan, memberikan ketentraman jiwa, serta membentuk kebiasaan baik dalam hati santri. Para pengajar di pesantren juga berpendapat bahwa melalui zikir Asma Badar, santri dapat meneladani sifat-sifat para sahabat ahli Badar yang gugur membela agama Allah di perang Badar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Zikir, Asma Badar, Muhamad Dimyathi. |
Subjek: | 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.2 Kumpulan hadist menurut perawi; muatan/materi, terjemah, sejarah |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 28 Nov 2024 04:43 |
Perubahan Terakhir: | 28 Nov 2024 04:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15826 |
Actions (login required)
Lihat Item |