Soleh, Moh. (2024) Analisis Implementasi Panca Jangka dalam Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren Modern Darel Azhar Rangkasbitung Kab. Lebak Prov. Banten. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_MPI_222625232_Cover.pdf Download (3MB) |
|
Teks
T_MPI_222625232_Lampiran Depan.pdf Download (758kB) |
|
Teks
T_MPI_222625232_BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Teks
T_MPI_222625232_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (424kB) |
|
Teks
T_MPI_222625232_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (185kB) |
|
Teks
T_MPI_222625232_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (595kB) |
|
Teks
T_MPI_222625232_BAB V.pdf Download (26kB) |
|
Teks
T_MPI_222625232_Daftar Pustaka.pdf Download (247kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konsep panca jangka diimplementasikan di pondok pesantren modern Darel Azhar Rangkasbitung Lebak Banten dalam upaya pengembangan manajemen SDM yang lebih baik. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah menambah wawasan bagi pengambil kebijakan, pimpinan pondok pesantren, dan para praktisi pendidikan Islam dalam upaya meningkatkan kualitas manajemen SDM dan pendidikan pesantren. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Modern Darel Azhar dengan Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peniliti sendiri. Sumber data penelitian ini adalah Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darel Azhar, Direktur Pendidikan dan Pengajaran, Kepala Biro SDM dan Kepala Bagian Pembangunan dan Perwakafan. Teknik pengumpulan data terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan dan implementasi panca jangka di Pondok Pesantren Modern Darel Azhar dilakukan secara baik dengan konsep berkelanjutan. Implementasi panca jangka di Pondok Pesantren Modern Darel Azhar dilakukan melalui program pendidikan dan pengajaran, pergedungan, pengembangan wakaf, kaderisasi dan kesejahteraan keluarga pondok. Dengan pendidikan dan pengajaran akan meningkatkan potensi dan kualitas guru dan juga santri. Dengan pembangunan gedung, sarana dan prasarana akan menunjang keberhasilan pendidikan dan juga meningkatkan kenyamanan SDM. Sedangkan perluasan wakaf sangat menunjang kemandirian pondok dalam pengadaan sumber dana. Tidak kalah penting kaderisasi mempunyai andil besar dalam pemenuhan kebutuhan SDM dan menyiapkan SDM yang handal. Dan juga perhatian pondok akan kesejahteraan guru sangat berpengaruh pada kualitas kerja dan hasil dari kinerja guru. Simpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa dengan diimplementasikannya panca jangka secara baik dan berkelanjutan maka SDM semakin nyaman dan lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya sehingga terbentuk manajemen SDM yang baik dan terus berkembang. Yang selanjutnya dengan perkembangan manajemen SDM ini akan membawa kemajuan dan eksistensi pondok pesantren.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Panca Jangka, Manajemen, Sumber Daya Manusia, Pondok Pesantren |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 28 Nov 2024 04:29 |
Perubahan Terakhir: | 28 Nov 2024 04:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15825 |
Actions (login required)
Lihat Item |