Pengaruh Teknik Assertive Training Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja

Handayani, Asshifa (2024) Pengaruh Teknik Assertive Training Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520060_COVER.pdf

Download (118kB)
[img] Teks
S_BKI_201520060_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (788kB)
[img] Teks
S_BKI_201520060_BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Teks
S_BKI_201520060_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (664kB)
[img] Teks
S_BKI_201520060_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (909kB)
[img] Teks
S_BKI_201520060_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (396kB)
[img] Teks
S_BKI_201520060_BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
S_BKI_201520060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstrak

Assertive training adalah perlakuan membantu individu dalam menyampaikan perasaannya yang berisikan intruksi, arahan, serta praktek sikap asertif dalam situasi yang lebih spesifik, kemudian hak tersebut dilakukan secara konsisten sehingga individu mampu melakukannya pada situasi yang lebih umum. Teknik assertive training ini membantu seseorang agar mampu mengekspresikan atau mengungkapkan perasaan dan pikiran secara lebih terbuka. Asertif berasal dari kata asing to assert yang berarti menyatakan dengan tegas. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Untuk mengetahui cara Teknik Assertive Training yang dilakukan Pada Remaja. 2) Untuk mengetahui bagaimana Perilaku Asertif pada Remaja. 3) Untuk pengaruh Teknik Assertive Training terhadap Perilaku Asertif pada Remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian one- group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan angket sebagai instrument penelitian. Teknik analisis data menggunakan product moment by Person untuk uji validitas, Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas, Uji analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2024 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 30 santriwati madya di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan. Berdasarkan penelitian ini yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training terdapat 2 santriwati dalam kategori “sangat rendah” 9 santriwati dalam kategori “rendah” dan 8 santriwati dalam kategori “sedang”, 10 santriwati dalam kategori “tinggi” dan 1 santriwati dalam kategori “sangat tinggi”. 2) setelah itu hanya 7 orang yang diambil untuk diberikan layanan yang masuk dalam kategori “rendah”. 3) layanan bimbingan dengan teknik assertive training dilakukan dengan 4 kali pertemuan dengan membahas suatu topik di setiap pertemuannya. 4) Terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training terhadap perilaku asertif remaja khususnya santriwati Pondok Pesantren Darussalam Pipitan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik Assertive Training, Perilaku Asertif
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 26 Nov 2024 03:40
Perubahan Terakhir: 26 Nov 2024 03:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.