Penerapan Metode Ummi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di RA Baitul Muttaqien Kramatwatu Kabupaten Serang Banten

Nuraeni, Husna (2024) Penerapan Metode Ummi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di RA Baitul Muttaqien Kramatwatu Kabupaten Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260031_COVER.pdf

Download (371kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260031_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (636kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260031_BAB I.pdf

Download (685kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_201260031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (618kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (626kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260031_BAB V.pdf

Download (293kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260031_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai 1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan membaca di RA Baitul Muttaqien, 2) Untuk mnegetahui bagaimana penerapan metode Ummi dalam mengembangkan kemampuan membaca di RA Baitul Muttaqien Kramatwatu Kabupaten Serang 3) Untuk mengetahui bagaiamana factor pendukung dan penghambat penerapan metode Ummi di RA Baitul Muttaqien Kramatwatu Kabupaten Serang. Latar belakang penelitian ini adalah sering terjadi dalam anak belajar membaca Al-Qur’an yaitu kurang jelasnya melafadzkan huruf hijaiyyah dengan tepat dan kurang jelasnya suara huruf yang dikeluarkan dengan bunyi dan symbol yang hampir sama. Ketidakmampuan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf yang fasih akan menyebabkan kesalahan yang fatal. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) dalam pembacaan Al-qur’an banyak anak yang belum tau pengenalan huruf hijaiyyah, tidak bisa membedakan huruf yang hampir sama dan pelafadzan huruf yang belum jelas 2) penerapan metode Ummi ini dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu yang pertama pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, latihan keterampilan dan evaluasi 3) faktor pendukung dalam penerapan metode Ummi yaitu tenaga pendidik, buku jilid Ummi dan alat praga. Sedangkan, faktor penghambat dalam penerapan metode Ummi yaitu orang tua, kemampuan siswa yang bervariasi dan rasio guru dan murid tidak seimbang. Hasil yang diperoleh kemampuan membaca Al-Qur’an di RA Baitul Muttaqien selama menggunakan metode Ummi sudah baik dalam hal membaca Al-Qur’an

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Ummi, kemampuan membaca Al-Quran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2024 06:57
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2024 06:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15739

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.